Pembelajaran Dengan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Slow Learner Di Kelas Inklusi Sekolah Dasar Negeri Ambulu 01

Rahmatullah Achmad, Alvina and Mu'is, Abdul (2024) Pembelajaran Dengan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Slow Learner Di Kelas Inklusi Sekolah Dasar Negeri Ambulu 01. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ALVINA RAHMATULLAH ADHMAD_204103030045.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran, Media Flashcard, anak slow learner, kelas inklusi
Pembelajaran diartikan sebagai suatu proses dimana individu memperoleh
pengetahuan atau pengajaran, Dengan adanya pembelajaran individu dapat
meningkatkan kemampuan bakat atau minat yang dapat dikembangkan untuk
mendukung pertumbuhan serta perkembangan pribadi individu. Untuk
meningkatkan kemampuan membaca pada anak memerlukan suatu media
pembelajaran yakni dengan media flashcard. Media flashcard merupakan kartu
kecil yang berisi gambar, atau teks yang bertujuan meningkatkan dan menuntun
siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar itu. Flash Card berisi
gambar-gambar, akata atau huruf dan sebagainya yang dapat digunakan untuk
melatih siswa mengeja dan memperkaya kosa kata.
Beberapa fokus masalah yang diangkatoleh peneliti yaitu: 1) Bagaimana
proses pembelajaran dengan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan
membaca pada anak slow learner di kelas Inklusi sekolah dasar Ambulu 01, 2)
Bagaimana hasil pembelajaran dengan media flashcard untuk meningkatkan
kemampuan membaca pada anak slow learner di kelas Inklusi sekolah dasar
Ambulu 01? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Bagaimana
proses pembelajaran dengan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan
membaca pada anak slow learner di kelas Inklusi sekolah dasar Ambulu 01, 2)
Untuk mengetahui Bagaimana hasil pembelajaran dengan media flashcard untuk
meningkatkan kemampuan membaca pada anak slow learner di kelas Inklusi
sekolah dasar Ambulu 01
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif, metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Untuk menganalisis data melalui kondensasi data, penyajian
data, dan kesimpulan. Kemudian untuk keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan dari hasil penelitian peneliti tentang pembelajaran dengan
media flashcard untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak slow
learner yakni 1. Peningkatan kemampuan sosial yakni Penggunaan flashcard
untuk anak lamban belajar dapat meningkatkan keterlibatan sosial anak dalam
suatu pembelajaran. Flashcard mengaktifkan indera visual anak, membantu
mereka untuk lebih fokus dan tertarik pada pembelajaran 2. Peningkatan kosa kata
dan pemahaman dengan itu dapat memperluas pemikiran anak dan meningkatkan
kemampuan mereka dalam berkomunikasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Alvina Rahmatullah Achmad
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:18
Last Modified: 24 Jun 2024 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33764

Actions (login required)

View Item View Item