Penerapan Game Edukasi Wordwall sebagai media pembelajaran berhitung di Kelas A2 RA Bustanul Ulum Bangsalsari Jember

Anisah, Ismi (2024) Penerapan Game Edukasi Wordwall sebagai media pembelajaran berhitung di Kelas A2 RA Bustanul Ulum Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-017-PIAUD-2024)
Ismi Anisah_204101050002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (82MB)

Abstract

Kreatifitas guru dapat menunjang keberhasilan tujuan dari pendidikan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini pentingnya media pembelajaran yang menarik dan dapat membantu peserta didik dalam belajar. Sebagai pendidik, pentingnya menciptakan media pembelajaran yang dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan menghubungkan dalam teknologi seperti halnya media pembelajaran berhitung dapat dibuat melalui game yang menarik yaitu menggunakan game wordwall.
Fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana penerapan game edukasi wordwall sebagai media pembelajaran berhitung di kelas A2 RA Bustanul Ulum Bangsalsari Jember? 2) Bagaimana respon peserta didik terhadap penerapan game edukasi wordwall sebagai media pembelajaran di kelas A2 RA Bustanul Ulum Bangsalsari Jember?
Adapun Tujuan Penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan game edukasi wordwall sebagai media pembelajaran di kelas A2 RA Bustanul Ulum Bangsalsari Jember dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan game edukasi wordwall sebagai media pembelajaran di kelas A2 RA Bustanul Ulum Bangsalsari Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian study case dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model miles dan hubarman dan keabsahan data melalui memperpanjang waktu, meningkatkan ketekunan, serta triangulasi sumber dan teknik.
Penerapan game edukasi wordwall sebagai media pembelajaran berhitung game edukasi wordwall dilakukan melalui langkah-langkah penggunaan media pembelajaran yang didalamnya meliputi a) persiapan, dalam persiapan pentingnya membuat alur permbelajaran, memahami cara pelaksanaan/ penyajian game edukasi wordwall, rencana dan persiapan materi pembelajaran. b) pelaksanaan/ penyajian, hal ini di sesuaikan dengan alur pembelajan dalam kegiatan menggunakan media ini. c) tindak lanjut, dalam tindak lanjut bisa dilakukan dengan cara observasi dan tes kepada peserta didik dalam penggunaan media game edukasi wordwall. Respon dalam penerapan ini mempunyai respon baik dan antusias dari peserta didik, game edukasi wordwall ini dapat mengembangkan serta memudahkan anak memahami pembelajaran berhitung tanpa mamaksa anak untuk berhitung, selain itu pembelajaran berhitung anak sangat berkembang jika menggunakan media pembelajaran ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Ismi Anisah
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:54
Last Modified: 09 Jul 2024 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33768

Actions (login required)

View Item View Item