Strategi Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

fatmasari, sinta (2024) Strategi Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text (SK-018-IPS-2024)
SINTA PRASETYA FATMASARI_204101090007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Sinta Prasetya Fatmasari, 2024: ”Strategi Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024”
Kata kunci:Kurikulum merdeka, strategi guru IPS, profil pelajar pancasila
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang baru ditetapkan oleh kemendikbud, di dalam kurikulum ini terdapat implementasi nilai-nilai profil pelajar pancasila. Dengan pengimplementasian nilai-nilai profil pelajar pancasila harapannya dapat di integrasikan dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan sehari-hari, maka dari itu perlu adanya strategi yang tepat untuk mengimplementasikan profil ini agar bisa dipahami dan diterapkan oleh peserta didik.
Fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana strategi pembelajaran interaktif dalam mengimplentasikan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 1 Jember? (2) Bagaimana realisasi dalam mewujudkan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 1 Jember?
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian ini menggunakkan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakkan model Miles and Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Strategi guru IPS mengimplementasikan profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka belajar melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan ini meliputi menyususn Modul yang didalamnya memuat nilai-nilai profil pelajar pancasila kemudian dikembangkan oleh guru pada kegiatan pembelajaran menggunakan strategi interaktif. Upaya guru untuk mengatasi hambatan dalam strategi guru IPS menerapkan profil pelajar Pancasila pada kurikulum Merdeka Belajar dilakukan dengan berbagai cara yaitu: melakukan kerja sama dengan pihak sekolah dengan mendiskusikan apa saja kendala, dan seiring berjalannya waktu bisa diatasi satu persatu dan juga guru melakukan alternatif dengan menggunakkan sarana yang ada, untuk mengatasi dorongan dari orang tua pihak sekolah melakukan sosialisasi. (2) Realisasi dilakukan saat pembelajaran P5 yaitu Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila, dengan enam ciri utama : beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: sinta prasetya
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:57
Last Modified: 03 Jul 2024 03:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33771

Actions (login required)

View Item View Item