Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Jember Tahun Ajaran 2019/2020.

KURNIAWATI, - (2020) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
KURNIAWATI_084141413.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kurniawati, 2019 : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Pada dasarnya pembelajaran itu sangat penting. Karena Pembelajaran itu tidak hanya dilihat dari sudut pandang tertentu tapi dari segala arah. Pendidikan Agama Islam bukan hanya sebagai sarana transformasi pengetahuan dalam aspek keagamaan (kognitif), melainkan juga pendidikan Agama Islam juga sebagai sarana internalisasi norma dan nilai moral untuk membentuk sikap (afektef), serta berperan sebagai pengendali prilaku (psikomotorik) sehingga tercipta kepribadian yang utuh. Maka pembelajaran pendidikan Agama Islam merupakan pilar utama dalam membentuk karakter islami peserta didik. Berdasarkan realita, tersebut, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana tujuan pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Argopuro Panti Jember. 2) Bagaimana materi pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Argopuro Panti Jember. 3) Bagaimana metode pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Argopuro Panti Jember. 4) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Argopuro Panti Jember. Adapun tujuan dalam pnelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan tujuan pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Argopuro Panti Jember. 2) Untuk mendeskripsikan materi pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Argopuro Panti Jember. 3) Untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Argopuro Panti Jember. 4) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Argopuro Panti Jember. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan sumber data dalam penelitian ini dengan melalui purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumntasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sementara itu keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut. 1) Tujuan pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam hal ini menekankan pada penanaman nilai-nilai kehidupan seperti halnya kejujuran, kedisiplinan, kesabaran dan nilai-nilai norma kehiduan yang lainnya dalam bermasyarakat, dalam sekolah sudah jelas tertulis dalam tata tertib sekolah, visi dan misi sekolah. 2) Penanaman materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam disini lebih ditekankan kepada akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama, dan akhlak kepada lingkungan. 3) Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam sendiri menggunakan beberapa metode yang digunakan yaitu metode ceramah, diskusi, tanya jawab, keteladanan dan pembiasaan. 4) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan cara penilaian yang melalui perencanaa, pelaksanaan dan hasil timbal balik yang sudah tertulis dalam RPP, PROTA, dan PROMES, yang sudah mencakup tiga aspek yaitu afektif, kognitif dan psikomotor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:18
Last Modified: 31 Mar 2022 03:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3378

Actions (login required)

View Item View Item