Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada PT Petrokimia Gresik

Bagus Prastyo, Angga (2024) Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada PT Petrokimia Gresik. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DISTRIBUSI.pdf

Download (24MB)

Abstract

Angga Bagus Prastyo, Ana Pratiwi, 2024 : Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada PT Petrokimia Gresik.

Perkembangan industri yang semakin meningkat memberikan dampak yang signifikan terhadap lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kasus pencemaran dan kerusakan lingkungan oleh perusahaan akhir-akhir ini. Pencemaran dan kerusakan lingkungan merupakan salah satu dampak negatif dari perusahaan. Kebijakan pemerintah lewat undang-undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang mewajibkan bagi setiap perusahaan untuk melakukan pengelolaan lingkungan hidup sehubungan dengan aktivitas usahanya dan memberikan informasi yang benar dan akurat mengenai pengelolaan limbah lingkungan hidup. Dengan adanya kebijakan tersebut dapat diharapkan perusahaan dapat melakukan tindakan pengelolaan limbah guna menjaga kelestarian lingkungan sekitar perusahaan.
Penelitian ini dilakukan di PT Petrokimia Gresik. Fokus penelitian ini adalah bagaimana penerapan akuntansi lingkungan terkhusus pada biaya penanganan limbah di PT Petrokimia Gresik dan alokasi biaya-biaya lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan akuntansi lingkungan di PT Petrokimia Gresik dan bagaimana pengalokasian biaya-biaya lingkungan.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian ini meliputi identifikasi, pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan biaya lingkungan.
PT Petrokimia Gresik telah melakukan penerapan akuntansi dan pengelolaan lingkungan yang efektif, tetapi belum mengklasifikasikan biaya-biaya tersebut sesuai dengan teori Hansen dan Mowen. Biaya lingkungan diakui sebagai biaya penelitian dan pengembangan dan termasuk dalam biaya administrasi dan umum yang dilaporkan dalam laporan keuangan dan Annual Report perusahaan.

Kata Kunci: Akuntansi Lingkungan, Biaya Lingkungan, Biaya Pengelolahan Limbah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr angga bagus
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:27
Last Modified: 24 Jun 2024 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33798

Actions (login required)

View Item View Item