INTEGRASI METODE FUZZY DALAM SERVQUAL UNTUK MENGUKUR KEPUASAN NASABAH TERHADAP KUALITAS LAYANAN BMT NU GRUJUGAN

Muhammad Rizal, Rizal (2024) INTEGRASI METODE FUZZY DALAM SERVQUAL UNTUK MENGUKUR KEPUASAN NASABAH TERHADAP KUALITAS LAYANAN BMT NU GRUJUGAN. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-044-PS-2024)
MUHAMMAD RIZAL_E20171178.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Rizal, Dr. Hj. Nurul Setianingrum, S.E., M.M 2017: Integrasi Metode Fuzzy Dalam Servqual Untuk Mengukur Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan BMT NU Grujugan.
Kata kunci: Metode fuzzy, servqual, kepuasan nasabah, kualitas layanan, BMT NU Grujugan
Perbankan syariah sebagai salah satu sektor ekonomi yang mengusung konsep pelanggan sentris diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nasabahnya dibidang layanan transaksi keuangan. Ketika perbankan syariah telah mengidentifikasi apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh nasabah, selanjutnya bank syariah harus memberikan kualitas pelayanan yang terbaik agar terciptanya kepuasan nasabah. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh perbankan syariah kepada nasabah nantinya akan dinilai sendiri oleh nasabah apakah sudah baik atau belum. Nasabah akan membandingkan antara harapan yang dimiliki dengan pengalaman yang diterima dari produk atau jasa tersebut.
Tujuan dari penelitian ini diantaranya: 1) Untuk mengetahui harapan nasabah terhadap pelayanan BMT NU Grujugan yang diterima selama ini, 2) Untuk mengetahui atribut apa saja yang menjadi prioritas perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada BMT NU Grujugan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Pendekatan deskriptif dan verifikatif adalah untuk menjelaskan, meringkaskan berbagai kondisi, berbagai situasi, atau berbagai variabel yang timbul di masyarakat yang menjadi objek penelitian itu berdasarkan apa yang terjadi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan, observasi, wawancara dan kuesioner. Sedangkan analisis data menggunakan analisi servqual dan fuzzy set.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) seluruh dimensi memiliki nilai positif. Dengan demikian apa yang diharapkan oleh pasien yang menggunakan layanan BMT NU Cabang Grujugan Bondowoso sudah sesuai dengan kenyataan yang diterima dalam pelayanan. Dalam kelima dimensi servqual ini, nilai gap yang tertinggi adalah dimensi reability 6,381 dan nilai gap yang terendah adalah dimensi responsivines 5,900; 2) dimensi reability menjadi perhatian bagi pihak BMT NU Cabang Grujugan Bondowoso agar lebih meningkatkan kualitas pelayanannya. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa 15 pernyataan lainnya sudah tercapai tingkat kepuasan dari nasabah BMT NU Cabang Grujugan Bondowoso.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Muhammad Rijal Rizal
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:24
Last Modified: 11 Jul 2024 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33804

Actions (login required)

View Item View Item