Peran Media Sosial Instagram dalam Pembentukan Body Image pada Remaja di Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang

Silvia hestyatun nafisah, Silvia (2024) Peran Media Sosial Instagram dalam Pembentukan Body Image pada Remaja di Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SILVIA HESTYATUN NAFISAH_204103050012.pdf

Download (23MB)

Abstract

Body image merupakan gambaran bentuk tubuh yang mencakup pikiran, persepsi dan perasaan yang dibentuk dalam diri individu sensiri. Permasalahan yang saat ini sering terjadi pada remaja adalah sering kali menilai penampilan dan fisik mereka secara kritis karena ketidakpercayaan diri terhadap perubahan fisik yang terjadi selama masa remaja. Salah satu acuan mereka menilai penampilan yaitu melalui media sosial instagram.
Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana remaja pengguna media sosial instagram di Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang mempersepsikan body image ideal? 2. Apa yang membuat remaja pengguna media sosial instagram di Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang terdorong untuk memiliki body image yang ideal?
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan tentang persepsi remaja pengguna media sosial instagram di Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang tentang body image yang ideal. 2. Untuk mendeskripsikan tentang dorongan yang membuat remaja pengguna media sosial instagram di Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang memiliki body image yang ideal.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Strategi pengumpulan data pemeriksaan ini menggunakan tiga teknik, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Persepsi remaja pengguna instagram di Desa Ranulogong mengenai body image ideal yang adalah mereka yang memiliki penampilan baik, warna kulit yang putih, berat badan ideal, tinggi badan yang ideal dan tubuh yang kekar. Remaja Desa Ranulogong bisa mencapai body image melalui tips-tips yang dibagikan melalui instagram. 2. Dorongan yang membuat remaja Desa Ranulogong ingin memiliki body image ideal karena standar kecantikan yang berikan oleh masyarakat saat ini, selain itu teman sebaya juga memberikann pengaruh kepada remaja untuk memiliki body image ideal dan yang terakhir yaitu dorongan dari media sosial instagram yang sering menampilkan tubuh ideal sehingga remaja di Desa Ranulogong tertarik untuk memiliki body image ideal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170199 Psychology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Hestyatun Silvia Nafisah
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:38
Last Modified: 27 Jun 2024 06:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33826

Actions (login required)

View Item View Item