Pengaruh pembelajaran matakuliah kewirausahaan dan koperasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa program tadris ilmu pengetahuan sosial semester 5 universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember tahun akademik 2023/2024

Aulia, Dinda Nur (2024) Pengaruh pembelajaran matakuliah kewirausahaan dan koperasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa program tadris ilmu pengetahuan sosial semester 5 universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember tahun akademik 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-035-TADRIS-IPS-2024)
DINDA NUR AULIA_202101090003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Kata kunci: Mata Kuliah Kewirausahaan dan Koperasi, Minat Berwirausaha, Pembelajaran

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya ketakutan pada diri mahasiswa untuk memulai usaha, adanya keterbatasan modal dan tekad untuk memulai usaha, kurangnya keterampilan berwirausaha pada kalangan mahasiswa dan rendahnya minat berwirausaha dikalangan mahasiswa. Untuk itu minat berwirausaha menjadi perhatian penting dalam penelitian ini.

Rumusan masalah dalam skripsi ini ialah : apakah ada pengaruh pembelajaran mata kuliah kewirausahaan dan koperasi terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial semestr 5 Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun Akademik 2023/2024?. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan koperasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Semester 5 Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun Akademik 2023/2024.

Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut,penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode random sampling sedangkan . Analisis dan yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan alat SPSS.

Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan mata kuliah kewirausahaan dan koperasi berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa Tadris IPS Semester 5 Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun Akademik 2023/2024. Hal ini dibuktikan nilai sig untuk pengaruh (parsial) X terhadap Y adalah sebesar yang artinya kurang dari 0,05 dan nilai t hitung 9,061 t tabel 1,67528 sehingga dapat disimpulkan bahwa di terima yang berarti terdapat pengaruh (X) Terhadap (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Dinda Nur Aulia IPS 1
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:07
Last Modified: 09 Jul 2024 01:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33831

Actions (login required)

View Item View Item