Pengembangan alat peraga papan perkalian Montessori pada pembelajaran Matematika kelas II di MI Malik Ibrahim Sruni Jenggawah Jember

Prayogo, David (2024) Pengembangan alat peraga papan perkalian Montessori pada pembelajaran Matematika kelas II di MI Malik Ibrahim Sruni Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 003 - PGMI - 2024)
DAVID PRAYOGO_T20194077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (9MB)

Abstract

David Prayogo, 2024: Pengembangan Alat Peraga Papan Perkalian Montessori Pada Pembelajaran Matematika Kelas II Di MI Malik Ibrahim Sruni Jenggawah Jember.
Kata kunci: P
enelitian dan Pengembangan, Alat Peraga Papan Perkalian Montessori, Pembelajaran Matematika.
Penelitian dan pengembangan ini berlandaskan pada alat peraga pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, untuk melengkapi sarana pembelajaran pada pembelajaran matematika materi perkalian kelas II MI Malik Ibrahim Sruni Jenggawah Jember. Alat peraga pembelajaran ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yang berkaitan dengan materi perkalian dengan memanfaatkan alat peraga papan perkalian Montessori.Papan perkalian montessori merupakan alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran matematika. Papan perkalian mempunyai ukuran panjang, lebar dan tinggi.Cara menggunakan alat peraga ini ialah dengan memasukkan butiran manik-manik kecil ke lobang yang telah ditentukan berapa pengalinya.
Rumusan masalah pada penelitian dan pengembangan ini antara lain : (1) Bagaimana pengembangan alat peraga papan perkalian Montessori pada peserta didik kelas II MI Malik Ibrahim?. (2) Bagaimana kelayakan serta kepraktisan penggunaan alat peraga papan perkalian Montessori pada peserta didik kelas II MI Malik Ibrahim?.
Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain: (1) Untuk menghasilkan dan mengetahui proses pengembangan sebuah alat peraga berupa papan perkalian yang menarik dan menyenangkan untuk digunakan sebagai pembelajaran pada muatan mata pelajaran Matematika yaitu pada pokok bahasan perkalian untuk peserta didik kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Malik Ibrahim. (2) Untuk menguji dan mengetahui kelayakan serta kepraktisan alat peraga papan perkalian pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan “Perkalian” di Madrasah Ibtidayah Malik Ibrahim.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Reseacrh and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Dick and Carry yaitu ADDIE yang terdiri dari 5 tahap antara lain: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dari penelitian ini peserta didik kelas II MI Malik Ibrahim Sruni Jenggawah Jember.
Hasil dari penelitian pengembangan yang dilakukan yaitu 1) Pengembangan papan perkalian Montessori pada pembelajaran matematika kelas II yaitu terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. 2)Kelayakan papan perkalian Montessori diketahui setelah melakukan uji validitas oleh 3 validator dengan perolehan rata-rata 8,86% serta dari angket respon peserta didik dengan perolehan 88,8% sehingga media ini dikatakan valid atau layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr David Prayogo
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:08
Last Modified: 02 Jul 2024 05:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33839

Actions (login required)

View Item View Item