Analisis Penentuan Laba ”Bisnis Mabudhu’ Pesse” Berdasarkan Perspektif Akuntansi Syariah (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar Tamanan Kabupaten Bondowoso)

Wijayanti, Reninda Fidia (2024) Analisis Penentuan Laba ”Bisnis Mabudhu’ Pesse” Berdasarkan Perspektif Akuntansi Syariah (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar Tamanan Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-007-AKSYA-2024)
WATERMARK Skripsi Reninda Fidia Wijayanti-20410503000.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Reninda Fidia Wijayanti, Dr. Nur Ika Mauliyah, Se., M.AK., 2024: Analisis Penentuan Laba “Bisnis Mabudhu’ Pesse” Berdasarkan Perspektif Akuntansi Syariah (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar Tamanan Kabupaten Bondowoso).

Berbicara mengenai ekonomi, pastinya sebuah aktivitas perekonomian tidak lepas dengan adanya hutang piutang. Kemajuan IPTEK dibidang ekonomi memiliki dampak negatif berupa meningkatkan budaya konsumtif. Budaya konsumtif menyebabkan kondisi ekonomi semakin sulit sehingga masyarakat mengambil jalan pintas untuk menyelesaikan masalah ekonominya. Penyelesaian masalah ini, salah satunya dilakukan dengan cara membuka usaha pada bidang perdagangan yang tidak luput dari hutang dalam pemenuhan modal dan kelancaran dagangan. Hutang piutang saat ini tidak hanya dilakukan secara berkelompok, akan tetapi terdapat individu yang menyediakan jasa hutang piutang seperti pada bisnis mabudhu’ pesse.
Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana mekanisme transaksi untuk bisnis mabudhu’ pesse. 2) Bagaimana penentuan laba dalam bisnis mabudhu’ pesse di pedagang pasar Tamanan Kabupaten Bondowoso. 3) Bagaimana pandangan bisnis Mabudhu’ Pesse berdasarkan perspektif Akuntansi Syariah.
Berdasarkan fokus penelitian diatas, maka tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan mekanisme transaksi untuk bisnis mabudhu’ pesse. 2) Mendeskripsikan penentuan laba dalam bisnis mabudhu’ pesse di pedagang pasar Tamanan Kabupaten Bondowoso. 3) Mendeskripsikan pandangan “Bisnis Mabudhu’ Pesse” berdasarkan perspektif Akuntansi Syariah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengambilan informan yaitu teknik snowball. Adapun pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi dalam mengumpulkan data.
Penelitian yang dilakukan pada pedagang Pasar Tamanan Kabupaten Bondowoso menunjukkan bahwa: 1) Mekanisme bisnis mabudhu’ pesse sangat mudah, tidak memerlukan jaminan apapun. 2) Penentuan laba dihasilkan dari modal yang kemudian dikurangi dari jumlah operasional ditambah resiko kredit. 3) Pandangan bisnis mabudhu’ pesse menemukan hasil bahwa praktik tersebut tidak dapat dikatakan maslahah. Sebab dalam praktiknya tidak sesuai dengan ketentuan shara’dan banyak menimbulkan mafsadah yakni menetapkan bunga yang besar, maka hal tersebut hukumnya haram.
Kata Kunci: Penentuan laba, bisnis mabudhu’ pesse, akuntansi syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Analisis Reninda Fidia Wijayanti
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:27
Last Modified: 10 Jul 2024 02:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33894

Actions (login required)

View Item View Item