Upaya Pengasuh dalam memenuhi Fungsi Keluarga di panti asuhan Nurul Qodiri Jember

Fatan, Oktaviananda (2024) Upaya Pengasuh dalam memenuhi Fungsi Keluarga di panti asuhan Nurul Qodiri Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-005-BKI-2024)
Oktaviananda Fatan_204103030013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Oktaviananda Fatan, 2024 : Upaya Pengasuh Dalam Memenuhi Fungsi
Keluarga Di Panti Asuhan Nurul Qodiri Jember
Kata Kunci: upaya pengasuh, fungsi keluarga
Anak adalah titipan bagi orang tuanya, namun tidak semua anak dapat
hidup dan berkembang bersama orang tua kandung mereka. Anak-anak yang
kurang beruntung tersebut beberapa dibiarkan terlantar sehingga anak tersebut
tidak bisa mendapatkan kebutuhan seperti anak lainnya. Yayasan Panti Asuhan
menjadi salah satu tempat tinggal mereka, dimana mereka akan mendapatkan
orang tua pengganti yakni pengasuh. Pengasuh yang merupakan orang tua bagi
anak asuh otomatis juga menjadi keluarga bagi mereka, maka pengasuh memiliki
kewajiban dalam memenuhi kebutuhan mereka, salah satunya yaitu memenuhi
fungsi keluarga.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya pengasuh dalam
memenuhi fungsi keluarga di Yayasan Panti Asuhan Nurul Qodiri?
2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pengasuh dalam memenuhi fungsi
keluarga di Yayasan Panti Asuhan Nurul Qodiri?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui upaya pengasuh dalam
memenuhi fungsi keluarga di Panti Asuhan Nurul Qodiri. 2) Mengetahui faktor
penghambat dan pendukung pengasuh dalam memenuhi fungsi keluarga Panti
Asuhan Nurul Qodiri.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif,
sedangkan jenis penelitian, yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan tehnik.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) upaya pengasuh dalam memenuhi fungsi
keluarga di panti asuhan Nurul Qodiri, a) mengajarkan agama dan membiasakan
beribadah, b) melakukan komunikasi dan penyadaran, c) memberikan tempat
tinggal dan menjadi tempat cerita, d) menerapkan peraturan, e) mengajarkan dan
mencontohkan dalam menjaga kesehatan reproduksi, f) mengharuskan anak
melanjutkan pendidikan dan berbaur di masyarakat, g) mencukupi kebutuhan
sandang, pangan, dan papan, h) membuat jadwal piket. 2) Faktor pendukung dan
penghambat pengasuh meliputi, a) tempat yang nyaman, b) kesabaran pengasuh
dalam melakukan pemenuhan fungsi keluarga c) dukungan donatur, d) minimnya
keahlian pengasuh, e) kurangnya manajemen waktu pengasuh dan anak asuh, f)
karakter anak asuh yang berbeda-beda dan tertutup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Oktaviananda Fatan
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:40
Last Modified: 07 Aug 2024 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33907

Actions (login required)

View Item View Item