Analisis Kemampuan Berpikir Logis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Realistik pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal di Kelas X SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

ASTI, FARADINA (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Logis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Realistik pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal di Kelas X SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
ASTI FARADINA_T20167002.pdf

Download (12MB)

Abstract

Asti Faradina, 2020: Analisis Kemampuan Berpikir Logis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Realistik pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal di Kelas X SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Berpikir Logis, Penyelesaian Masalah, Kecerdasan Interpersonal Penyelesaian masalah merupakan hal yang paling utama untuk dijadikan siswa melatih diri dalam menghadapi masalah yang akan terjadi dalam kehidupannya. Dalam melatih diri, siswa dapat dilatih menggunakan berpikir secara logis untuk menyelesaikan masalah. Selain itu untuk mempermudah siswa dalam membiasakan menyelesaikan masalah perlu adanya menumbuhkembangkan salah satu kecerdasan yakni kecerdasan interpersonal. Berdasarkan konteks penelitian tersebut, maka fokus penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana kemampuan berpikir logis siswa kecerdasan interpersonal aspek social sensitivity dalam menyelesaikan masalah matematika realistik pada materi SPLTV?; (2) Bagaimana kemampuan berpikir logis siswa kecerdasan interpersonal aspek social insight dalam menyelesaikan masalah matematika realistik pada materi SPLTV?; (3) Bagaimana kemampuan berpikir logis siswa kecerdasan interpersonal aspek social communication dalam menyelesaikan masalah matematika realistik pada materi SPLTV?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir logis siswa kecerdasan interpersonal aspek social sensitivity dalam menyelesaikan masalah matematika realistik pada materi SPLTV; (2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir logis siswa kecerdasan interpersonal aspek social insight dalam menyelesaikan masalah matematika realistik pada materi SPLTV; (3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir logis siswa kecerdasan interpersonal aspek social communication dalam menyelesaikan masalah matematika realistik pada materi SPLTV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa kuisioner (angket), tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian menggunakan purposive. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yakni; (1) Siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal aspek social sensitivity memenuhi satu indikator berpikir logis dan memenuhi dua indikator penyelesaian masalah berdasarkan langkah Polya namun masih kurang; (2) Siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal aspek social insight memenuhi dua indikator berpikir logis dan dapat memenuhi tiga indikator penyelesaian masalah berdasarkan langkah Polya namun masih kurang; (3) Siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal aspek social communication memenuhi semua indikator berpikir logis sekaligus dapat memenuhi semua indikator penyelesaian masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:40
Last Modified: 14 Apr 2022 06:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3394

Actions (login required)

View Item View Item