Prinsip Independensi Bank Indonesia Dalam Sistem Ketatanegaraan Di Indonesia

Candra Dewi, Desi (2024) Prinsip Independensi Bank Indonesia Dalam Sistem Ketatanegaraan Di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Kh Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-040-HTN-2024)
Desi Candra Dewi_S20183005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Desi Candra Dewi, 2024 : Prinsip Independensi Bank Indonesia Dalam Sistem Ketatanegaraan Di Indonesia
Kata Kunci : Independensi, Bank Indonesia, Sistem Ketatanegaraan

Independensi Bank Indonesia dimaksudkan sebagai suatu prinsip kebebasan atau kemandirian Bank Indonesia, dalam artian bebas dari campur tangan lembaga-lembaga negara lain atau pihak-pihak lain. Independensi adalah suatu prinsip penting dalam tata kelola yang di lingkungan pemerintahan disebut sebagai prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), dan di lingkungan perusahaan disebut sebagai prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/ GCG). Dengan independensi berarti telah menempatkan Bank Indonesia pada kedudukan yang unik dan istimewa dalam struktur Ketatanegaraan Republik Indonesia.
Adapun fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana kedudukan Bank Indonesia dalam ketatanegaraan di Indonesia? 2) Bagaimana problematika pelaksanaan prinsip independensi Bank Indonesia dalam sistem ketatanegaraan? 3) Bagaimana pengaturan pelaksanaan independensi Bank Indonesia di Indonesia kedepan?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Untuk mengetahui kedudukan Bank Indonesia dalam ketatanegaraan di Indonesia, 2) Untuk mengetahui problematika pelaksanaan prinsip independensi Bank Indonesia dalam sistem ketatanegaraan, 3) Untuk mengetahui pengaturan pelaksanaan independensi Bank Indonesia di Indonesia.
Penelitian yang digunakan yaitu penelitian normatif menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Sumber bahan hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer dan sekunder. Untuk metode pengumpulan bahan hukum yang digunakan yaitu studi pustaka, studi dokumen, studi arsip.
Hasil penelitian menyimpulkan 1) Bahwa Bank Indonesia diberikan kedudukan sebagai lembaga negara yang independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya bebas dari campur tangan pemerintah atau pihak lain yang secara tegas diatur dalam Pasal 4 ayat (2) UUBI, 2) Bahwa Pada prinsipnya Undang-Undang perbankan Indonesia memberikan penekanan pada konsep bank sebagai lembaga perantara, yakni memberikan penekanan kepada bank-bank di Indonesia untuk bertindak hanya sebagai perbankan komersial, 3) Bahwa Bank Indonesia tidak berada dibawah atau di dalam pemerintahan sehingga dapat mengurangi adanya intervensi dari pemerintah maupun pihak lainnya. Dengan independensi tersebut berarti telah menempatkan Bank Indonesia pada kedudukan yang unik dalam struktur ketatanegaraan Republik Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Desi Candra dewi
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:37
Last Modified: 17 Jul 2024 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33953

Actions (login required)

View Item View Item