Perkembangan Seni Kaligrafi Bermanhaj Taqlidy Hamidi di Jember Tahun 2013 - 2023

Ramadani, Andre Lala (2024) Perkembangan Seni Kaligrafi Bermanhaj Taqlidy Hamidi di Jember Tahun 2013 - 2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-031-SPI-2024)
ANDRE LALA RAMADANI 204104040024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kaligrafi merupakan suatu ilmu dalam seni menulis huruf Arab dengan indah. Jika melihat dari perkembangaannya, kaligrafi mengalami perkembangan yang signifikan, berkat hadirnya para kaligrafer yang turut aktif dalam mengembangkan dan melestarikan khazanah budaya Islam, sehingga mampu menciptakan bermacam bentuk gaya tulisan seperti yang ada pada saat ini. Hal ini yang terus dilakukan oleh sekelompok kaligrafer di dunia dan di indonesia yang menggunakan metode kaligrafi bermanhaj Hamidi dengan sistem sanad.
Fokus penelitian ini akan mengerucut pada dua hal, yakni:(1)Bagaimana corak perkembangan seni kaligrafi di Indonesia ? (2)Bagaiman Perkembangan seni Kaligrafi bermanhaj taqlidy Hamidi di Jember ?. Dengan adanya fokus penelitian yang dipaparkan maka tujuan penelitian ini, (1) untuk mengetahui Untuk mendeskripsikan sejarah perkembanganmasuknya seni kaligrafi di Indonesia (2) Untuk menjelaskan perkembangan seni kaligrafi bermanhaj taqlidi Hamidi di Jember.
penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan pendekatan kualitatif. Didalam metode sejarah akan menyajikan beberapa tahapan dalam pengumpulan datanya yaitu; pertama tahapan Heuristik, kedua tahapan verifikasi atau kritik sumber , ketiga tahapan interpretasi dan yang terakhir historiografi atau penulisan sebuah peneliatian. Dalam penelitian ini gagasan teori yang dipakai adalah teori difusi inovasi oleh Everret Rogers.
Hasil penelitian menunjukan, terdapat dua corak kaligrafi yakni (1) kaligrafi murni yang penulisannya selalu patuh terhadap rumus standar huruf yang telah ditetapkan oleh para khattath terdahulu. (2) kaligrafi lukisan atau kontemporer, yaitu corak kaligrafi yang tidak mengikuti kaedah kaedah dari khattat terdahulu yang karyanya banyak dilukiskan dalam sebuah lukisan. Dalam fenomena ini perlunya pelestarian jenis kaligrafi murni sebagai upaya menjaga khazanah budaya tulis Islam. hadirnya kaligrafi manhaj Hamidi dengan melalui beberapa fase dan faktor yang saling berhubungan yaitu, (1) manhaj Hamidi sebagai alat bantu dakwah, dakwah yang ditawarkan adalah dakwah bit-tadwin (dakwah dengan tulisan) (2) manhaj Hamidi sebagai media pelestari khazanah budaya tulis Islam (3) manhaj Hamidi sebagai pencetak guru kaligrafi berstandar, hal ini dipengaruhi oleh Ijazah/sanad yang menjadi syarat dan pengakuan serta dapat dipertanggungjawabkan keilmuannya(4) manhaj Hamidi sebagai metode pembelajaran kaligrafi berstandar. dengan sistem yang ada mampu menghantarkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220209 History of Ideas
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Andre Lala Ramadani
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:24
Last Modified: 14 Aug 2024 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33962

Actions (login required)

View Item View Item