Pengembangan media Peta Keanekaragaman Budaya Indonesia (PEKAN) pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas III-A Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Banyuwangi.

Ningsi, Ningsi (2024) Pengembangan media Peta Keanekaragaman Budaya Indonesia (PEKAN) pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas III-A Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 011 - PGMI - 2024)
NINGSI_202101040015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Ningsi, 2024: Pengembangan Media Peta Keanekaragaman Budaya Indonesia (PEKAN) pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas III-A MIN 1 Banyuwangi.

Kata Kunci: Pengembangan media, Media PEKAN, Keanekaragaman budaya.

Penelitian ini berfokus pada pengembangan sebuah media yaitu media Peta Keanekaragaman budaya Indonesia (PEKAN) sebagai media pembelajaran pendidikan kewaranegaraan khususnya materi keberagaman budaya di kelas III-A MIN 1 Banyuwangi. Di kelas III-A MIN 1 Banyuwagi seringnya masih menggunakan media yang berbentuk visual cetak dan benda kongkret yang berada di sekitar kelas. Sehingga perlunya pembaharuan dan pemanfaatan media yang lebih bervariasi serta pembelajaran yang bersifat dua arah. Terlebih dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang memuat materi sosial bersifat hapalan.

Rumusan masalah sebagai berikut 1) Bagaimana desain produk pengembangan media peta keanekaragaman budaya Indonesia (PEKAN) pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas III-A MIN 1 Banyuwangi, 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media peta keanekaragaman budaya Indonesia (PEKAN) pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas III-A MIN 1 Banyuwangi, 3) Bagaimana praktikalitas pengembangan media peta keanekaragaman budaya Indonesia (PEKAN) pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas III-A MIN 1 Banyuwangi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain produk, kelayakan, dan praktikalitas dari media PEKAN.

Metode yang digunakan adalah RnD atau Research and Development dengan model ADDIE. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian dilakukan uji coba produk dengan menggunakan dua skala yaitu skala kecil pada 10 siswa dan skala besar pada 23 siswa. Sedangkan teknis analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.

Adapun hasil penelitian dan pengembangan media peta keanekaragaman budaya Indonesia (PEKAN) menunjukkan bahwa dalam proses mendesain media menggunakan aplikasi canva. Bentuk fisiknya berupa papan peta, banner gantung, stik magnet, kartu gambar, buku panduan, dan kartu aturan main. Sedangkan kelayakan media peta keanekaragaman budaya Indonesia (PEKAN) sangat layak digunakan. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi dengan persentase ahli media sebesar 98,12%, validasi ahli materi sebesar 91,1%, dan validasi dari guru kelas atau guru pembelajaran sebesar 91,43% dengan kategori sangat baik. Untuk respon siswa terhadap kemenarikan dan kepraktisan media peta keanekaragaman budaya Indonesia (PEKAN) memperoleh persentase sebesar 98,37% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media peta keanekaragaman budaya Indonesia (PEKAN) sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Ningsi Ningsi
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:58
Last Modified: 02 Jul 2024 06:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33980

Actions (login required)

View Item View Item