Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 2 Rambipuji Tahun Pelajaran 2023/2024

Safitri, Evita Alfi (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 2 Rambipuji Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Uin khas jember.

[img] Text (SK-026-IPS-2024)
Skripsi Evita Alfi Safitri OKE FIKSS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar
Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di SMP Negeri 2 Rambipuji,
terdapat penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi yang digunakan oleh
guru IPS. Media pembelajaran yang sering digunakan adalah media cetak yang monotan
sehingga siswa menjadi bosan dan kurang dalam memahami materi yang disampaikan,
sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan
evaluasi guna meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan menerapkan
media pembelajaran interaktif
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media
pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS kelas VIII
SMPN 2 Rambipuji Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-
exsperimental. Desain penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah One Group Pretest
Posttest yaitu desain penelitian dengan menggunakan pretest posttest design. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dan dokumentasi. Uji instrumen
penelitian menggunakan uji validitas, uji reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda.
Setelah itu, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sebelum di
analisis data karena berkaitan dengan teknik yang digunakan adalah uji hipotesis dengan
menggunakan Idependent Sample T-test.
Hasil analisis data dalam penelitian menggunakan Independent Sample T-test diperoleh
nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) <
0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya
terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata
Pelajaran IPS kelas VIII SMPN 2 Rambipuji Tahun Pelajaran 2023/2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Evita Alfi Safitri
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:00
Last Modified: 03 Jul 2024 04:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33990

Actions (login required)

View Item View Item