Pengelolaan Objek Wisata Religi Di Makam Kiai Haji Muhammad Shiddiq Jember Dalam Meningkatkan Minat Peziarah

Irfatus, Soleha (2024) Pengelolaan Objek Wisata Religi Di Makam Kiai Haji Muhammad Shiddiq Jember Dalam Meningkatkan Minat Peziarah. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Irfatus Soleha_204103040005.pdf

Download (41MB)

Abstract

Indonesia memiliki banyak pariwisata yang beragam seperti, situs sejarah,budaya dan kondisi alam menjadi wisata yang berkembang pesat hingga saat ini.Selain itu, dengan masuknya sistem syariah di Indonesia, pemerintah dan pengusaha berupaya membangun industri pariwisata berbasis syariah di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama islam. Wisata religi di Indonesia bermula dari adanya beberapa daerah yang mempunyai potensi dari segi religiusitas,seperti destinasi wisata yang dihuni oleh penganut agama islam yang taat dan
kuat. Tak heran jika banyak wisata yang berbasis syariah, salah satunya wisata religi makam KH Muhammad Shiddiq Jember.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengelolaan objek wisata religi di makam KH Muhammad Shiddiq Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan objek wisata religi di makam KH Muhammad Shiddiq Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan objek wisata religi di makam KH Muhammad Shiddiq Jember. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan objek wisata religi di makam KH Muhammad Shiddiq Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data tidak berpedoman pada teori tetapi berpedoman pada fakta-fakta yang ditemukan di lapangan, dengan jenis penelitian deskriptif, dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pengelolaan objek wisata religi yang dilakukan di makam KH Muhammad Shiddiq dengan menerapkan 4 fungsi pengelolaan yaitu, Perencanaan, di makam KH Muhammad Shiddiq yaitu dengan melakukan musyawarah terkait tujuan, sumber daya yang dibutuhkan dan
kegiatan yang ada di makam. Pengorganisasian, di makam KH Muhammad Shiddiq yaitu dengan melakukan musyawarah terkait struktur kepengurusan makam dan menentukan tanggung jawabnya. Penggerakan, yang dilaksanakan di makam KH Muhammad Shiddiq ialah ketua pengurus memberika motivasi dan
arahan kepada pengelola. Pengawasan, dilakukan oleh pengurus dan pengelola dengan melaporkan apa yang terjadi dan yang perlu direnovasi. Faktor pendukung yang ada di makam KH Muhammad Shiddiq yaitu lokasi makam yang strategis berada di pusat kota memudahkan peziarah untuk berkunjung, fasilitas yang disediakan di makam juga cukup membantu peziarah yang datang dan suasana yang nyaman dan bersih. Adapun faktor penghambat dalam pengelolaan yaitu lahan parkir yang kurang luas menjadi tantangan untuk para pengelola dan pengurus untuk dipertimbangkan dan dikembangkan lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Irfatus Irfatus Soleha
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:03
Last Modified: 25 Jun 2024 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33992

Actions (login required)

View Item View Item