Pembacaan Istigosah Pada Kegiatan Bakti Sosial Ikatan Perempuan Yayasan Nurul Jadidi Karanganyar Paiton Probolinggo (Studi Living Hadis)

Syafii, Dyna Tauhidah (2024) Pembacaan Istigosah Pada Kegiatan Bakti Sosial Ikatan Perempuan Yayasan Nurul Jadidi Karanganyar Paiton Probolinggo (Studi Living Hadis). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Dyna Tauhidah.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dyna Tauhidah, 2024: Pembacaan Istigosah Pada Kegiatan Bakti Sosial Ikatan Perempuan Yayasan Nurul Jadid Karanganyar Paiton Probolinggo (Studi Living Hadis).
Kata Kunci: Istigosah, Living Hadis, Bakti Sosial.
Pembacaan istigosah kerap terdengar umum di kalangan ummat muslim khususnya nahdiyin. Pembacaan istigosah yang dilaksanakan oleh Ikatan Perempuan Yayasan Nurul Jadid ini memiliki keunikan tersendiri yaitu waktu pelaksanaanya pada kegiatan bakti sosial. Kegiatan bakti sosial merupakan kegiatan rutin tahunan, dan menjadi kegiatan yang selalu dinanti masyarakat, tidak hanya mendapatkan bantuan sosial akan tetapi juga antusias dalam seluruh rangkaian acara. Pembacaan istigosah ini berdasarkan hadis Nabi dan juga al-Qur’an, serta dipraktikan bersama masyarakat serta dipimpin oleh masyaikh atau mubaligh. Setelah pembacaan istigosah terdapat mauidzah hasanah yang diisi langsung oleh mubalig yang sebelumnya mempimpin bacaan istigosah. Sebagaimana rumusan masalah berikut: 1. Bagaimana implementasi hadis pembacaan istigosah pada kegiatan bakti sosial? 2. Bagaimana pemahaman makna hadis dari pembacaan istigosah pada kegiatan bakti sosial menurut masyarakat? 3. Apa pengaruh yang didapat dari pembacaan istigosah pada kegiatan bakti sosial.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun cara analisis yaitu deskriptif dan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan melakukan beberapa cara yaitu mencari data, observasi, dan wawancara. Sumber data yang diperoleh adalah dari masyarakat, anggota dan pengurus Ikatan Perempuan Yayasan Perempuan Yayasan Nurul Jadid Karanganyar Paiton Probolinggo. Penelitian ini juga didukung kepustakaan (library research) berupa: kitab, buku, artikel, jurnal dan sebagainnya. Teori yang digunakan yaitu konstruksi sosial Peter L. Berger dan mengambil kajian studi living hadis. Teori Peter memiliki tiga fase yaitu eksternalisasi, objektivikasi, dan internalisasi.
Hasil penelitian ini yaitu pembacaan istigosah terletak pada tengah rentetan acara kegiatan bakti sosial dan dibaca secara bersama-sama. Lafadz yang digunakan dari para masyaikh yang terletak di buku harian Nurul Jadid. Adapun pemahaman masyarakat terhadap pembacaan istigosah pada kegiatan bakti sosial menganggap pembacaan istigosah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh para masyaikh dan dianjurkan kepada santri serta masyarakat. Oleh karen itu masyarakat percaya bahwa pembacaan istigosah merupakan ajaran Nabi yang dapat diaplikasikan serta membawa manfaat dan faedah, baik secara hal spiritual dan hal fisik (silaturahmi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160806 Social Theory
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Dyna Tauhidah Syafi'i
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:22
Last Modified: 26 Jun 2024 03:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33998

Actions (login required)

View Item View Item