Analisis Sistem Jual Beli External Dropship Melalui Marketplace Bukalapak Perspektif Fatwa Dsn-Mui Nomor 145/Dsn-Mui/XII/2021 Tentang Dropship

Irawan, Ferly (2024) Analisis Sistem Jual Beli External Dropship Melalui Marketplace Bukalapak Perspektif Fatwa Dsn-Mui Nomor 145/Dsn-Mui/XII/2021 Tentang Dropship. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-072-HES-2024)
Watermark Fiks.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dengan terbitnya fatwa DSN-MUI Nomor 145/DSN-MUI/XII/2021 Tentang Dropship, hal ini mengatur berbagai ketentuan yang terkait dengan jual beli dengan sistem dropship yang sesuai dengan ketentuan syariah. Selanjutnya peneliti hendak menganalisis sistem jual beli dropship di marketplace Bukalapak, apakah telah sesuai atau tidak dengan ketentuan fatwa tersebut.
Fokus Penelitian yang pertama, bagaimana sistem akad dropship di Marketplace Bukalapak dalam perspektif Fatwa DSN-MUI Nomor 145/DSN-MUI/XII/2021 Tentang Dropship ?, kedua, Bagaimana mekanisme pembayaran dan serah terima barang dropship di Marketplace Bukalapak perspektif Fatwa DSN-MUI Nomor 145/DSN-MUI/XII/2021 Tentang Dropship ?.
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk memberikan gambaran yang utuh dan komprehensif mengenai sistem jual beli yang ada di dalam marketplace Bukalapak, kedua untuk mengkaji dan menganalisis mekanisme pembayaran dan serah terima dalam sistem jual beli dropship di Marketplace Bukalapak perspektif Fatwa DSN-MUI Nomor 145/DSN-MUI/XII/2021 Tentang Dropship.
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif dengan pendekatan undang-undang dan konseptual. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen atau kepustakaan. Kemudian analisis bahan hukum dilakukan secara kualitatif.
Hasil Penelitian dalam penelitian ini adalah pertama, akad dropship yang terdapat dalam marketplace Bukalapak telah sesuai dengan ketentuan Fatwa DSN-MUI Nomor 145/DSN-MUI/XII/2021 Tentang Dropship karena telah terpenuhinya ketentuan fatwa yaitu sighat al-'Aqd dalam jual beli dropship di Bukalapak telah dinyatakan secara tegas dan jelas serta dipahami oleh supplier dan dropshipper, telah terpenuhinya ketentuan ijab dan qabul, proses ijab dan qabul tersebut dilakukan melalui sarana platform yaitu Bukalapak, jual beli dropship di marketplace Bukalapak tidak melakukan tindakan yang menyalahi syariah, dan supplier menjelaskan kriteria mabi’ secara detail dan jelas. Kedua, mekanisme pembayaran dan serah terima barang dropship di Marketplace Bukalapak juga telah sesuai fatwa, dimana ketentuan mabi’ dapat dijelaskan spesifikasinya, dan juga mabi’ tersebut tersedia untuk dibeli atau didapatkan oleh dropshipper melalui pembelian kepada supplier, lalu untuk selanjutnya barang yang didapat oleh dropshipper dengan akad jual beli kepada supplier akan dibeli dengan metode dropshipper dengan menggunakan nama toko dari dropshipper, dan barang yang dikirim bukan lagi atas nama supplier melainkan menggunakan nama dropshipper

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180117 International Trade Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ferly Irawan
Date Deposited: 26 Jun 2024 01:32
Last Modified: 17 Jul 2024 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34005

Actions (login required)

View Item View Item