Susanto, Lisa Maudy (2024) Implementasi Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Ajung Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Jember Kiai Haji Jember.
Text (SK-016-IPS-2024)
REV-SKRIPSI FULL LISA MAUDY (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (26MB) |
Abstract
Lisa Maudy Susanto, 2024 : Ilmplelmelntasil Pe l ni l lailan Pelmbellajaran Belrbasils Hi l ghelr Ordelr Thilnkilng Skillls (HOTS) Pada Pelmbellajaran IlPS dil SMP Ne l gelri l 2 Ajung Tahun Ajaran 2022/2023
Kata Kunci : Penilaian, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Pembelajaran IPS Pada kontelks pelni l lailan hasill bellajar, paradilgma yang selmakiln diltelkankan adalah Hilghelr Ordelr Thilnkilng Skillls (HOTS). Standar pelni l lailan yang melngi l ntelgrasilkan HOTS dilharapkan mampu melrangsang silswa untuk belrpi l ki l r lelbilh komplelks dan melndalam telntang matelri l yang dilpellajaril, selhi l ngga prosels pelmbellajaran tildak selkadar melncilptakan pelmahaman, teltapil juga kelmampuan analilsi l s, silntelsi l s, dan elvaluasil yang lelbi l h tilnggi l . Pelndildi l kan, selbagail motor pelnge lmbangan sumbelr daya manusila, melmillilki l pelran pelntilng dalam melncilptakan ilndilvi l du yang belrkualiltas. Fokus Penelitian ini yaitu 1) Bagai lmana pelrelncanaan pelni llai l an belrbasils Hi l ghelr Ordelr Thilnki l ng Ski l ls dil SMP Nelgelri l 2 Ajung Tahun Pleljaran 2022/2023?. 2) Bagai lmana pellaksanaan pelni l lailan belbasils Hi l ghelr Ordelr Thilnki l ng Ski l lls dil SMP Ne l gelri l 2 Ajung Tahun pellajaran 2022/2023? 3) Bagailmana elvaluasil pe l ni l lailan belbasils Hi lghelr Ordelr Thilnki l ng Ski l lls di l SMP Nelgelril 2 Ajung Tahun pe l lajaran 2022/2023? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pe l ndelkatan yang dilurai l kan olelh Millels, Hubelrman, dan Saldana, se l bagailmana dilbahas dalam jurnal karya Sukmawatil, Bashilr, dan Muhammad Akhilr, melnyorotil tilga tahap else l nsilal: kondelnsasil data, pelnyajilan data, dan pe l nari l kan kelsi lmpulan.. Ke l absahan data dalam pelnelli l tilan ilni l akan dilpelri l ksa mellaluil dua aspelk utama: trilangulasil sumbe l r dan trilangulasil te lkni l k. Hasil penelitian ini ialah 1) Perencanaan penilaian berbasis HOTS dalam pembelajaran IPS di SMPN 2 Ajung menerapkan beberapa tahapan penting, yakni; menetapkan tujuan penilaian, menentukan bentuk penilaian, memilih teknik penilaian, menyusun kisi-kisi, menyusun soal, serta menyusun pedoman penskoran. 2) Bahwa pelaksanaan penilaian berbasis HOTS di SMPN 2 Ajung dalam pembelajaran IPS ini masih menggunakan soal dengan level kognitif C2, soal-soal tersebut yang diberikan belum termasuk ke dalam karakteristik soal HOTS. Sedangkan dalam frekuensi penilaian IPS yang dilakukan oleh guru ditentukan berdasarkan hasil pemetaan penilaian dan dicantumkan dalam program tahunan dan semester. Frekuensi penilaian ini ditetapkan melalui analisis Kompetensi Dasar (KD). Serta alat dan penskoran yang digunakan dengan melakukan tes tulis atau tes lisan, tugas-tugas, observasi, ataupun portofolio. 3.) dari evaluasi terhadap penilaian berbasis HOTS dalam pembelajaran IPS di SMPN 2 Ajung, ditemukan bahwa guru melakukan evaluasi dengan langkahlangkah seperti merumuskan masalah, menentukan model pembelajaran, memilih alat pembelajaran, dan merencanakan evaluasi. Instrumen evaluasi yang digunakan terdiri dari tes tulis yang mencakup soal pilihan ganda, soal uraian, dan evaluasi lisan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160807 Sociological Methodology and Research Methods 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160808 Sociology and Social Studies of Science and Technology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Ms Lisa Maudy Susanto |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 02:26 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 03:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34039 |
Actions (login required)
View Item |