Resepsi Q.S Al-Nur Ayat 31 Dan Fenomena Terbukanya Aurat Perempuan Muslim di Aplikasi Tik Tok (Studi Resepsi Mahasiswa Uin Khas Jember)

Faizah, Siti (2024) Resepsi Q.S Al-Nur Ayat 31 Dan Fenomena Terbukanya Aurat Perempuan Muslim di Aplikasi Tik Tok (Studi Resepsi Mahasiswa Uin Khas Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad SiddIiq Jember.

[img] Text
Siti Faizah_204104010058.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siti Faizah, 2023: Resepsi Q.S AL-Nur Ayat 31 Terhadap Fenomena Terbukanya Aurat Perempuan Muslimah di Aplikasi Tik Tok (Studi Resepsi atas Mahasiswa UIN KHAS Jember)

Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap Fenomena Terbukanya Aurat Perempuan Muslimah di Aplikasi Tik Tok dengan menggunakan ayat Al-Qur'an sebagai landasan dalam penelitian. Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya penggunaan aplikasi tik tok di kalangan masyarakat saat ini yang dimana objek dari penggunaan aplikasi tersebut adalah sebagian besar dari kalangan perempuan, karena tidak sedikit diantara perempuan saat ini yang belum memahami aurat, mahram, berhias diri yang boleh dan kepada siapa perhiasan boleh ditampakkan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah sebagai beikut: 1) Bagaimana penafsiran QS. An-Nur ayat 31?, 2) Bagaimana realitas yang terjadi mengenai fenomena terbukanya aurat perempuan muslim di dalam aplikasi tik tok ?, 3) Bagaimana resepsi mahasiswa UIN KHAS Jember terhadap fenomena terbukanya aurat perempuan muslim di aplikasi tik tok ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun penelitian ini memakai teori resepsi dari Stuart Hall yakni encoding dan Decoding, namun dalam penelitian ini hanya berfokus pada Decoding atau resepsi pemaknaan saja, . Stuart Hall melihat bahwa seorang khalayak melakukan pendekodean melalui dari 3 sudut pandang atau posisi yakni dominant-hegemonic potition, negotiated code/potition dan oppositional code/potition.
Penelitian ini memiliki kesimpulan sebagai berikut: 1) Dari penafsiran Q.S An-Nur ayat 31 para perempuan dan laki-laki hendaknya senantiasa untuk selalu menjaga pandangan dan menjaga kemaluan serta senantiasa untuk menjaga aurat mereka agar terhindar dari hal-hal yang negatif. 2) Realitas aplikasi tik tok saat ini sebagian besar penggunanya dalah dari kalangan perempuan yang mayoritas berpakaian serba ketat dan transparan serta jilbab yang dilitkan di leher. 3) Terdapat 33 mahasiswa dari beberapa kampus diantaranya dari UIN KHAS Jember, Universitas Islam Jember, Universitas Terbuka, IAI Al-Khoziny Sidoarjo, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Princess Nourah bint Abdulrahman University of Saudi Arabia yang memberikan respon terhadap fenomena aurat perempuan muslim di aplikasi tik tok yakni 29 mahasiswa memberikan resepsi oppostional code/position yakni 29 mahasiswa tersebut menolak secara penuh terhadap konten perempuan muslimah di aplikasi tik tok, kemudian 3 mahasiswa memberikan resepsi negotiated code/position yakni 3 mahasiwa tersebut masih memberikan pertimbangan terhadap konten perempuan muslimah di aplikasi tik tok dan 1 mahasiswa memberikan resepsi dominant hegemonic positon yakni 1 mahasiswa tersebut menerima secara penuh terhadap konten perempuan muslimah di aplikasi tik tok.

Kata Kunci: Resepsi, Aurat perempuan muslimah, Aplikasi Tik Tok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Siti Faizah Faiz
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:11
Last Modified: 26 Jun 2024 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34044

Actions (login required)

View Item View Item