Implementasi Perlindungan Hukum Bagi Anak Perempuan Pelaku Kawin Kontrak Dengan Warganegara Asing Di Bukit Makmur Kecamatan Batu Ampar Kota Batam

Mawarni, Lulu (2024) Implementasi Perlindungan Hukum Bagi Anak Perempuan Pelaku Kawin Kontrak Dengan Warganegara Asing Di Bukit Makmur Kecamatan Batu Ampar Kota Batam. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-020-HK-2024)
NEW SKRIPSI LULU MAWARNI FIXXX (1) (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Lulu Mawarni, 2024: Implementasi Perlindungan Hukum bagi Anak Perempuan Pelaku Kawin Kontrak dengan Warga Negara Asing di Bukit Makmur Kecamatan Batu Ampar Kota Batam
Kata kunci : Implementasi, Perlindungan Hukum, Kawin Kontrak
Perkawinan kontrak merupakan suatu perkawinan yang tindakannya bertentangan dengan undang-undang perkawinan sebab selain tidak tercatat, kawin kontrak juga tidak memiliki esensi pada suatu perkawinan oleh karenanya, kawin kontrak juga dilarang dalam agama Islam. Permasalahan kawin kontrak menjadi salah satu masalah penting karena berkaitan dengan modus protitusi yang terselubung. Salah satu upaya pemerintah dalam melindungi warganya yaitu dengan perlindungan hukum melalui peraturan perundang-undangan dan peraturan daerah setempat.
Fokus penelitian yang diteliti oleh peneliti adalah 1) Bagaimana fenomena kawin kontrak yang dilakukan anak perempuan di Bukit Makmur Kecamatan Batu Ampar Kota Batam? 2) Perspektif terhadap anak perempuan yang melakukan kawin kontrak dengan warganegara asing di Kota Batam?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui bagaimana fenomena kawin kontrak yang dilakukan anak perempuan di Bukit Makmur Kecamatan Batu Ampar Kota Batam, Untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap anak perempuan yang melakukan kawin kontrak dengan warga negara asing di Kota Batam.
Peneliti menggunakan jenis penelitian hukum empiris atau penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitataif dengan jenis sosiologi hukum atau yuridis sosiologis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada teknik analisis data peneliti menggunakan 3 teknik: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Fenomena kawin kontrak yang terjadi di Bukit Makmur merupakan hal baru, fenomena kawin kontrak tersebut dilakukan oleh dua anak Perempuan yang berusia 16 tahun. Proses kawin kontrak tersebut dilakukan secara tertutup dengan beberapa perjanjian yang telah disepakti antara kedua belah pihak. 2) Perlindungan hukum bagi pelaku kawin kontrak, kategori untuk anak perempuan yang melakukan kawin kontrak tersebut masih dibawah umur, maka perlu mendapat perlindungan hukum sebagaimana pelaku juga merupakan korban eksploitasi seksual dan perdagangan orang (human trafficking).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180102 Access to Justice
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms Lulu Mawarni
Date Deposited: 25 Jun 2024 08:59
Last Modified: 17 Jul 2024 08:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34046

Actions (login required)

View Item View Item