Toxic Disinhibition Online Komunikasi Antar Pemain Game Mobile Legends: Bang Bang (Studi Kasus di Desa Pondok Joyo Kecamatan Semboro)

Fitria, Lailatul (2024) Toxic Disinhibition Online Komunikasi Antar Pemain Game Mobile Legends: Bang Bang (Studi Kasus di Desa Pondok Joyo Kecamatan Semboro). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI-LAILATUL FITRIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kecanggihan suatu teknologi menjadi sangat penting bagi kehidupan bermasyarakat, perkembangan-perkembangan itulah yang membuat seluruh elemen masyarakat semakin mengenal adanya sebuah kecanggihan teknologi. Perubahan-perubahan yang sangat berdampak dan secara terang-terangan terlihat yaitu ada pada teknologi komunikasi atau biasa disebut sosial media dan permainan gadget yaitu Game Online. Semakin canggihnya suatu teknologi berkembang, semakin berdampak juga penggunaannya bagi semua kalangan masyarakat terutama di Indonesia saat ini. Fitur handphone yang saat ini semakin banyak peminatnya yaitu adanya fitur penambahan game online yang bisa dimainkan dengan menyambungkannya ke internet atau data, memudahkan semua orang bisa mengaksesnya terutama pada kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Bebasnya akses internet di Indonesia, tidak meratanya pendidikan tinggi di Indonesia, serta kurangnya dukungan dan peran orang tua dalam pengasuhan anak menjadikan permainan gadget atau game online di Indonesia saat ini mengalami kenaikan yang sangat tinggi dar tahun ke tahun. Dan hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa tidak semua kecanggihan gadget, internet, sosial media, dan game online berdampak baik bagi masyarakat. Seperti game online yang memberikan dampak negatif paling tinggi dan pengaruh paling buruk terutama pada anak-anak dan remaja, pengaruh paling buruk terdapat pada bahasa yang digunakan, pasalnya bahasa yang digunakan adalah bahasa yang tidak pantas dilontarkan atau bahasa kotor, kasar, dan toxic.
Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana dampak Toxic Disihinbition Online komunikasi terhadap pemain Game Online Mobile Legend : Bang Bang di Desa Pondok Joyo, Kec, Semboro. (2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pemain Toxic Disihinbition Online komunikasi terhadap pemain Game Online Mobile Legend : Bang Bang di Desa Pondok Joyo, Kec, Semboro?. (3) Bagaimana peran orang tua/orang dewasa terhadap Toxic Disihinbition Online komunikasi terhadap pemain Game Online Mobile Legend : Bang Bang di Desa Pondok Joyo, Kec, Semboro.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui dan mengungkapkan apa saja dampak yang ditimbulkan terhadap pola komunikasi di Desa Pondok Joyo akibat penggunaan game online secara aktif. (2) Mengetahui lebih mendalam lagi tentang faktor-faktor apa saja yang ditimbulkan akibat terlalu seringnya bermain game online akan membawa bahasa toxic di Desa Pondok Joyo. (3) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana peran orang dewasa dalam penggunaan bahasa toxic pada game online.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian ini adalah : Penggunaan bahasa kasar seperti nama-ama hewan hingga panggilan nama diganti dengan kata-kata tidak wajar sudah biasa dipakai sehari-hari oleh pemain game online mobile legends, apalagi saat menghadapi lawan main yang menurut pemain adalah musuh yang membuat marah dan adanya kegiatan saling ejek dan bullying saat bermain game online. tak hanya itu, kurangnya peran orang tua dan perhatian dalam pembatasan game online pada anak membuat bahasa-bahasa kotor atau toxic terus bermunculan hingga saat ini.

kata kunci: Game Online Mobile Legends, Toxic Disinhibition Online, Desa Pondok Joyo Semboro

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ms Lailatul Fitria
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:14
Last Modified: 26 Jun 2024 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34053

Actions (login required)

View Item View Item