Kulub, Sifak Ul (2024) Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Tabing Dalam Meningkatkan Penjualan Di Desa Gambangan Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Uin KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-105-ES-2024)
syifak watermark full.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Home industri bergerak dalam skala kecil, dari tenaga kerja yang bukan
profesional dan modal kecil. Mereka membuat usaha dengan modal seadanya
dengan harapan industri rumah tangga ini dapat berkembang dan bisa membantu
perekonomian keluarga. Industri ini di jalankan disetiap KK, dan adapula yang
menjadi karyawan adalah anggota keluarga itu sendiri. Salah satu industri kecil
yang berkembang saat ini adalah usaha kerajinan tabing (gedhek) yang merupakan
usaha yang sudah berjalan turun menurun dari nenek moyang di Desa Gambangan
Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
strategi mengembangkan usaha kerajinan tabing (gedhek) di Desa Gambangan
Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso?. 2) Bagaimana strategi
meningkatkan penjualan tabing (gedhek) di Desa Gambangan Kecamatan Maesan
Kabupaten Bondowoso?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan strategi
mengembangkan usaha kerajinan tabing (gedhek) di Desa Gambangan Kecamatan
Maesan Kabupaten Bondowoso. 2) Untuk mendeskripsikan strategi meningkatkan
penjualan tabing (gedhek) di Desa Gambangan Kecamatan Maesan Kabupaten
Bondowoso.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, menggunakan teknik
pendekatan kualitaif deskriptif. Adapun teknik penggumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi sumber dan tringulasi teknik. Untuk menganalisis
data melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini terbagi menjadi dua. Pertama, Strategi
mengembangkan usaha kerajinan tabing (gedhek) di Desa Gambangan Kecamatan
Maesan Kabupaten Bondowoso didasarkan berdasarkan beberapa unsur berupa
niat yang kuat dan diimplementasikan secara kreatif dan inovatif. Selain itu,
pengusaha tabing juga memiliki empat strategi untuk mengembangkan usaha
tabingnya yaitu 1) Strategi produk; 2) Strategi penjualan; 3) Strategi pasar; 4) Dan
Strategi distribusi. Kedua, Strategi meningkatkan penjualan tabing (gedhek) di
Desa Gambangan Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso dibagi atas empat
bauran pemasaran berupa 1) Produk (Product); 2) Harga (Price; 3) Tempat
(Place; Dan 4) Promosi (Promosi).
Kata Kunci : Strategi Pengembangan Usaha, Strategi Peningkatan Penjualan,
Kerajinan Tabing (gedhek)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Sifak Ul Kulub |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 03:35 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 07:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34075 |
Actions (login required)
View Item |