Dinamika Historis Harmoni Keberagaman Di Pedesaan (Studi Kasus Di Desa Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi 1998-2022)

Janah, Ilma Torikotul (2024) Dinamika Historis Harmoni Keberagaman Di Pedesaan (Studi Kasus Di Desa Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi 1998-2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-008-SPI-2024)
Ilma Torikotul Janah_204104040005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ilma Torikotul Janah. 2024. Dinamika Historis Harmoni Keberagaman Di Pedesaan (Studi Kasus Di Desa Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi 1998-2022).

Kata Kunci: Dinamika Keberagaman, Harmoni, Desa Buluagung.

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat majemuk yang terdiri dari beragam ras, suku, bahasa, strata, budaya, tradisi, agama dan sebagainya. Di Indonesia kemajemukan tersebut dicirikan oleh keberagaman agama yang menekankan identitas agama individu secara kuat yang mampu menimbulkan konflik. Berdasarkan konflik tersebut menunjukkan bahwa betapa pentingnya arti kerukunan hidup antarumat beragama dalam sebuah cita-cita yang mulia, yakni; “harmoni in diversity” dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sikap toleransi inilah yang berhasil dipegang oleh masyarakat Desa Buluagung yang memiliki tiga agama sekaligus.
Fokus penelitian ini ada tiga, yakni; (1) Bagaimana dinamika perkembangan harmoni keberagaman di Desa Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi? (2) Apa upaya yang dilakukan antarumat beragama untuk menjaga harmoni keberagaman di Desa Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi? (3) Apa faktor-faktor yang mendukung dan menghambat harmoni keberagaman di Desa Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi?. Dengan fokus penelitian yang telah diuraikan, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1). Mendeskripsikan dinamika perkembangan harmoni keberagaman di Desa Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. (2). Mendeskripsikan upaya yang dilakukan antarumat beragama untuk menjaga harmoni keberagaman di Desa Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. (3). Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat harmoni keberagaman di Desa Buluagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berupa metode sejarah. Di dalam metode sejarah, didalamnya akan menyajikan tentang pengumpul sumber sejarah atau heuristik, kritik sumber atau verifikasi, interpreasi, dan historiografi atau penulisan suatu penelitian.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1). Bahwa kehidupan masyarakat Desa Buluagung sangat rukun dan harmonis, karena dalam menjalin kehidupan yang majemuk antarumat beragama di Desa Buluagung. Mereka saling menyadari dengan adanya perbedaan diantara mereka. (2). Upaya mereka untuk merawat harmoni keberagaman, yakni; dengan gotong royong, saling kunjungan saat perayaan hari raya, saling mengamankan saat kegiatan keagamaan, sehingga terbentuklah masyarakat yang rukun dan harmonis. (3). Adapun faktor yang mendukung harmoni keberagaman Desa Buluagung yakni; kesadaran masyarakatnya dan peranan pemerintah. Faktor yang mengahambat keharmonisan bisa berasal dari keagamaan atau dari non-Agama. Faktor non-Agama meliputi kesenjangan ekonomi, kepentingan politik dan benturan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169903 Studies of Asian Society
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210201 Archival, Repository and Related Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Ilma Torikotul Janah
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:57
Last Modified: 14 Aug 2024 03:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34094

Actions (login required)

View Item View Item