Pengembangan Media Papan Putar Berhitung Pintar Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN Wringin 05 Kabupaten Bondowoso Tahun 2023/2024

Maulia, Ulfa (2024) Pengembangan Media Papan Putar Berhitung Pintar Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN Wringin 05 Kabupaten Bondowoso Tahun 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK - 020 - PGMI - 2024)
Ulfa Maulia_T20194064 skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ulfa Maulia, 2023. Pengembangan Media Papan Putar Berhitung Pinta Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Di SDN Wringin 05 Kabupaten Bondowoso.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Papan Putar Berhitung Pintar, Matematika.
Kurangnya inovasi dalam pengembangan bahan ajar matematika oleh guru menyebabkan kurang efektifnya pembelajaran matematika. Hal ini menyebabkan sulitnya peserta didik dalam memahami konsep matematika. Hal lain juga menjadi sebab kurangnya keterampilan peserta didik dalam matematika yaitu menentukan lamanya kegiatan. Papan putar berhitung ini kemudian dikembangkan sebagai sarana belajar yang dapat yang dapat membantu proses pembelajaran matematika agar lebih efektif, kreatif, inofatif.
Penelitian ini menggunakan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana proses pengembangan produk papan puitar berhitung pintar pada pembelajaran tematik kelas III tema 6di SDN Wringin 05 Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso (2) Bagaimana kelayakan papan putar berhitung pintar pada pembelajaran tematik kelas III tema 6 di SDN Wringin 05 Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso (3) Bagaimana kepraktisan papan puitar berhitung pintar pada pembelajaran tematik kelas III tema 6 di SDN Wringin 05 Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso (4) Bagaimana keefektifan papan putar berhitung pintar pada pembelajaran tematik kelas III di SDN Wringin 05 Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso.
Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripisikan proses pengembangan papan putar berhitung pintar pada pembelajaran tematik kelas III di SDN Wringin 05 Kabupaten Bondowoso. (2) Untuk mendeskripsikan kelayakan papan putar berhitung pintar pada pembelajaran tematik kelas III di SDN Wringin 05 Kabupaten Bondowoso. (3) Untuk Mendeskripsikan kepraktisan papan putar berhitung pintar pada pembelajaran tematik kelas III di SDN Wringin 05 Kabupaten Bondowoso. (4) Untuk mendeskripsikan keefektifan papan putar berhitung pintar pada pembelajaran tematik kelas III di SDN Wringin 05 Kabupaten Bondowoso.
Pengembangan Papan Putar Berhitung Pintar Pada Pembelajaran Tematik Kelas III di SDN Wringin 05 Kabupaten Bondowoso ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reaserch and Deveploment (R&D)) dengan model pengembanagn ADDIE yang terdiri dari lima tahapan kerja yaitu Analysis, Design, Deveploment, Implenetasion, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yangt digunakan yakni angket dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan papan putar berhitung pintar menghasilkan papan putar berhitung pintar yang berisiskan soal menentukan lamanya kegiatan dengan langkah pertama yakni membuat gambar dan dilanjutkan dengan langkah berikutnya. (2) Hasil kelayakan papan putar berhitung pintar oleh validator ahli media sebesar 81% dengan kategori layak, oleh validator ahli materi sebesar 98% dengan kategori sangat layak, sehingga mendapatkan rata-rata kelayakan sebesar 88% dengan kategori sangat layak oleh pengguna skala kecil. (3) Hasil kepraktisan oleh guru dan peserta didik memperoleh hasil 94% dengan kategori sangat praktis oleh guru dan 81% dengan kategori praktis oleh peserta didik.(4) Hasil keefektifan mendapatkan hasil 81% yang diperoleh melalui soal pretest dan posttest yang menunjukkan produk papan putar berhitung pintar efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ulfa Mauli Ulfa Mrs
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:09
Last Modified: 26 Jun 2024 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34115

Actions (login required)

View Item View Item