Analisis kesadaran masyarakat dalam membayar zakat pertanian di Desa Ganting Kulon Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo

Wifendy, Herlina Cytara Putri (2024) Analisis kesadaran masyarakat dalam membayar zakat pertanian di Desa Ganting Kulon Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-007-ZAWA-2024)
Herlina Cytara Putri Wifendy NIM.204105040002-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Herlina Cytara Putri Wifendy, Nikmatul Masruroh. 2024 :
Analisis Kesadaran Masyarakat Dalam Membayar Zakat Pertanian Di Desa Ganting Kulon Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo,

Kata kunci: Zakat pertanian, kesadaran masyarakat, meknisme perhitungan.

Zakat pertanian merupakan zakat yang dikeluarkan ketika panen dan hasilnya telah mencapai nishab, adapun nishab zakat pertanian yaitu 5 wasaq atau setara dengan 652,8 kg. Kadar zakat pertanian ditentukan berdasarkan sistem pengairan yang digunakan oleh petani, jika petani menggunakan pengairan murni tadah hujan maka kadar zakat yang dikeluarkan 10%, jika petani menggunakan bantuan alat bor atau sistem irigasi maka kadar zakat yang dikeluarkan 5%. Kesadaran masyarakat dalam menunaikan pembayaran zakat pertanian bisa dikatakan masih kurang optimal karena masih banyak masyarakat yang belum memahami ketentuan dan mekanisme untuk membayar zakat pertanian. Salah satu contohnya di Desa Ganting Kulon Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo, masyarakatnya sudah melaksanakan pembayaran zakat pertaniannya ketika sudah musim panen, akan tetapi untuk ketentuan seperti, nishab, haul dan teknik perhitungannya masih perlu pemahaman lebih lanjut.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana potensi zakat pertanian di Desa Ganting Kulon, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo?. 2) Bagaimana mekanisme pembayaran zakat pertanian di Desa Ganting Kulon, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo?, 3) Bagaimana tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar zakat pertanian di Desa Ganting Kulon, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo?
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan potensi zakat pertanian di Desa Ganting Kulon, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo. 2) Untuk mendeskripsikan tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar zakat pertanian di Desa Ganting Kulon, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo. 3) Untuk mengetahui mekanisme pembayaran zakat pertanian di Desa Ganting Kulon, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Informasi yang diperoleh dianalisis dengan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan informasi yang diperoleh menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwasannya : 1) Potensi yang dimiliki oleh Desa Ganting Kulon cukup besar karena hasil panen yang tinggi. 2) Mekanisme pembayaran yang digunakan oleh masyarakat menurut kepercayaannya masing-masing. 3) Tingkat kesadaran masyarakat di Desa Ganting Kulon itu berada di tingkat conscious incompetence.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0503 Soil Sciences > 050302 Land Capability and Soil Degradation
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Herlina Cytara Putri Wifendy
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:55
Last Modified: 10 Jul 2024 02:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34122

Actions (login required)

View Item View Item