Pengembangan media kotak hitung pada mata pelajaran Matematika Kelas I Madrasah Ibtidaiyah (MI) Unggulan Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Miftahuzzuhroh, Haniah (2024) Pengembangan media kotak hitung pada mata pelajaran Matematika Kelas I Madrasah Ibtidaiyah (MI) Unggulan Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK - 001 - PGMI - 2024)
Haniah Miftahuzzuhroh_T20184029-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Haniah Miftahuzzuhroh, 2023 : Pengembangan Media Kotak Hitung Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas I Madrasah Ibtidaiyah (MI) Unggulan Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Kotak Hitung, Matematika
Kurangnya penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu penyebab kurang maksimalnya hasil belajar peserta didik. Berdasarkan problem yang ditemui di MI Unggulan Nurul Islam Jember, yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran yang pada umumnya sangat penting, khususnya pada kelas rendah. Adapun salah satu mata pelajaran dijenjang kelas I Madrasah Ibtidaiyah yaitu matematika.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pengembangan media kotak hitung pada mata pelajaran matematika kelas I di MI Unggulan Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana kelayakan media kotak hitung pada mata pelajaran matematika kelas I di MI Unggulan Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? 3) Bagaiman kepraktisan media kotak hitung pada mata pelajaran matematika kelas I di MI Unggulan Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? 4) Bagaimana Keefektifan media kotak hitung pada mata pelajaran matematika kelas I di MI Unggulan Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2023/2024?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan proses pengembangan media kotak hitung pada mata pelajaran matematika kelas I di MI Unggulan Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Mendeskripsikan kelayakan dari media kotak hitung pada mata pelajaran matematika kelas I di MI Unggulan Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 3) Mendeskripsikan kepraktisan media kotak hitung pada mata pelajaran matematika kelas I di MI Unggulan Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 4) Mendeskripsikan keefektifan media kotak hitung pada mata pelajaran matematika kelas I di MI Unggulan Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Pengembangan ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari kritik, saran dan komentar sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket dan tes.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa : (1) Proses pengembangan media kotak hitung dilakukan dengan menggunakan prosedur sesuai dengan tahapan ADDIE. 2) Tingkat kelayakan media kotak hitung memperoleh 91% dengan kategori sangat layak. 3) Tingkat kepraktisan media kotak hitung 95% dari respon peserta didik dengan kategori sangat layak dan 92% dari angket respon guru dengan kategori sangat layak. 4) Tingkat keefektifan media kotak hitung dinilai dari pre-test dan post-test yaitu 94,7 dengan kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Haniah Miftahuzzuhroh
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:01
Last Modified: 02 Jul 2024 05:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34137

Actions (login required)

View Item View Item