Perlindungan Hukum Terhadap Lingkungan Hidup Di Kawasan Bromo Berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam

Hamidah, Nur (2024) Perlindungan Hukum Terhadap Lingkungan Hidup Di Kawasan Bromo Berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-041-HTN-2024)
Skripsi Nur Hamidah_2041020230090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (20MB)

Abstract

Kata kunci: Perlindungan Hukum, Lingkungan Hidup
Indonesia mempunyai hamparan alam yang sangat luas, serta kekanyaan alam yang berlimpah. Taman nasional merupakan salah satu jenis kawasan pelestarian alam dalam sistem kehutanan. Khususnya di daerah Jawa Timur, Kabupaten Probolinggo, terdapat taman nasional yang cukup terkenal akan keindahan alamnya, yaitu Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau lebih sering disebut dengan “Gunung Bromo”. Taman nasional merupakan kawasan konservasi yang harus di jaga kelestariaannya.
Fokus penelitian antaralain, (1) Bagaimana system tata Kelola lingkungan hidup di kawasan bromo? (2) Bagaimana penegakan hukum terhadap perusakan taman nasional bromo?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yuridis normative, dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu; (1) Balai Besar TNBTS merupakan Pengelola Taman Nasional Bromo sehingga, BB TNBTS membuat peraturan dan larangan memasuki kawasan TNBTS yang harus ditaati oleh para pengunjung, serta ara pelaku tidak paham betul akan isi dari pertauran dan larangantersebut. (2) Pada dasarnya kebakaran hutan di Gunung Bromo mengakibatkan kerusakan lingkungan. Rombongan yang mengakibatkan terjadinya kebakaran yaitu tidak mengantongi Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Sikmasi). Maka, penegakan hukum yang tepat yang harus diberikan kepada tersangka selain tindak pidana adalah sanksi administrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Nur Hamidah
Date Deposited: 26 Jun 2024 07:30
Last Modified: 17 Jul 2024 06:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34159

Actions (login required)

View Item View Item