Implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Terhadap Pengendara Sepeda Motor Yang Tidak Memiliki Surat Izin Mengemudi Di Kabupaten Jember

Firdausy, Ahmad Dhani (2024) Implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Terhadap Pengendara Sepeda Motor Yang Tidak Memiliki Surat Izin Mengemudi Di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DHANI FIRDAUSY FIXX SIDANGGG REVISII fixx-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ahmad Dhani Firdausy, 2024 : IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN TERHADAP PENGENDARA SEPEDA MOTOR YANG TIDAK MEMILIKI SURAT IZIN MENGEMUDI DI KABUPATEN JEMBER
Kata Kunci: Implementasi, Surat Izin Mengemudi
Di zaman globalisasi saat ini, transportasi menjadi suatu hal yang sangat penting. Bagi individu dan masyarakat saat ini, transportasi seolah sudah menjadi bagian dari kehidupan, karena manusia sebagai makhluk sosial juga mempunyai hakikat pergerakan atau mobilitas. Di Kabupaten Jember banyak dijumpai pengendara sepeda motor baik dari kalangan remaja, maupun masyarakat dewasa yang belum memiliki Surat izin Mengemudi. Kebanyakan masyarakat hanya memikirkan kepentingannya sendiri sehingga menggunakan sepeda motor tanpa mempertimbangkan kepentingan orang lain atau masyarakat luas.
Fokus yang diambil oleh peneliti ini adalah: (1) Bagaimana peraturan mengenai ketentuan kepemilikan Surat Izin Mengemudi bagi Pengendara Motor Di Kabupaten Jember? (2) Bagaimana Implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Terhadap Pengendara Sepeda Motor Yang Tidak Memiliki Surat Izin Mengemudi Di Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peraturan mengenai ketentuan kepemilikan Surat Izin Mengemudi bagi Pengendara Motor Di Kabupaten Jember Sepeda Motor Yang Tidak Memiliki Surat Izin Mengemudi Di Kabupaten Jember (2) Untuk mendeskripsikan Implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Terhadap Pengendara Sepeda Motor Yang Tidak Memiliki Surat Izin Mengemudi Di Kabupaten Jember
Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan pendekatan sociolegal, lokasi penelitian yang dijadikan sebagai objek penelitian yakni Satlantas Jember dan Kabupaten Jember, Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari data sekunder dan data primer.
Hasil penelitian: (1) Kabupaten Jember menerapkan aturan yang sudah sesuai dengan pusat yaitu Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan khususnya pasal 77 ayat (1) yang menyatakan bahwa setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memiliki SIM sesuai dengan jenis kendaraan yang dikemudikan. Kabupaten Jember juga menerapkan peraturan kepolisian republik indonesia nomor 5 tahun 2021 tentang penerbitan dan penandaan surat izin mengemudi. (2) Pelaksanaan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan terhadap pengendara sepeda motor yang tidak memiliki SIM di Kabupaten Jember adalah banyak pengendara motor yang kurang kesadaran diri terhadap aturan kepemilikan SIM. Mulai dari siswa sekolah menengah atas sampai para masyarakat dewasa yang sudah mengetahui tentang aturannya tetapi masih tetap tidak ingin membuat SIM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ahmad Dhani Firdausy
Date Deposited: 26 Jun 2024 06:36
Last Modified: 26 Jun 2024 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34160

Actions (login required)

View Item View Item