Strategi Dakwah Dalam Membina Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Al-Fitriyah Salafiyah Gebang Poreng Jember

Rohmah, Ana Farihatru (2024) Strategi Dakwah Dalam Membina Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Al-Fitriyah Salafiyah Gebang Poreng Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Ana Farihatur Rohmah - 204103040021(Watermark).pdf

Download (29MB)

Abstract

Ana Farihatur Rohmah, 2024: Strategi Dakwah Dalam Membina Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Al-Fitriyah Salafiyah Gebang Poreng Jember.
Strategi dakwah dan manajemen sangat erat kaitannya karena istilah keduannya mengarah pada keberhasilan planning yang sudah direncanakan dan ditetapkan. Salah satu tempat dakwah yang bisa di jalankan yaitu pesantren. Tantangan berat Pondok Pesantren saat ini adalah perubahan zaman. Srtaretgi baru di butuhkan oleh Pondok Pesantren dalam menjalankan dakwah agar peran Pesantren semakin maksimal dalam membina akhlak santri.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi dakwah yang di jalankan oleh pengasuh dalam membina akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Fitriyah salafiyah Gebang Poreng Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi pengasuh dalam menjalankan strategi dakwah untuk membina akhlak santri?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi dakwah yang di jalankan oleh pengasuh dalam membina akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Fitriyah salafiyah Gebang Poreng Jember. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi pengasuh dalam menjalankan strategi dakwah untuk membina akhlak santri.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, dokumentasi dan observasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian yang di peroleh yaitu 1) Strategi dakwah dalam membina akhlak santri masih belum optimal. Perencanaan strategi dakwah dalam membentuk akhlak santri yaitu perencanaan tertulis dan terstruktur berupa agenda kegiatan. Implementasi yang dinilai masih belum terlaksana dengan baik. Serta evaluasi strategi untuk mengukur efektivitas dan keberhasilan dari perencanaan strategi juga masih belum terlaksana secara terstruktur dan secara berkala. 2) Faktor pendukung Faktor pendukung diantaranya: a) Pengasuh dan asatid selalu memberikan motivasi. b) Lingkungan yang kondusif. c) Peraturan Pesantren merupakan budaya pesantren yang dapat mendukung strategi pembinaan akhlak santri. d) Etika dan tanggung jawab pengasuh dan asatidz bisa menjadi contoh pada santri. e) Wali santri yang pasrah dengan pesantren. f) Santri yang memiliki latar belakang akhlak baik, dapat mengajak santri lainnya menjadi lebih baik. Faktor penghambat diantaranya: a) Akhlak santri yang dibawa dari lingkungan rumah ataupun pesantren sebelumnya yang kurang baik. b) Kegiatan sekolah dapat menguras tenaga dan pikiran santri. c) Penggunaan hp di dalam pesantren d) Penggunaan waktu lebih banyak di sekolah. e) Wali santri yang sering menjemput dengan segala alasan. f) Pengurus kurang tegas dalam menegakkan peraturan Pesantren.
Kata Kunci: Strategi Dakwah, Pembinaan Akhlak, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ana Farihatur Rohmah
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:04
Last Modified: 26 Jun 2024 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34225

Actions (login required)

View Item View Item