Penggunaan Traffic Accident Analysis (TAA)OLEH Satlantas Jember Sebagai Alat Bukti dalam pengungkap Kecelakaan Lalu Lintas di Persidangan (Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif)

Ramadhan, Maghfirah (2024) Penggunaan Traffic Accident Analysis (TAA)OLEH Satlantas Jember Sebagai Alat Bukti dalam pengungkap Kecelakaan Lalu Lintas di Persidangan (Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif). Undergraduate thesis, UIN KH Siddiq Jember.

[img] Text (SK-008-HPI-2024)
Revisi_new_3 (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Maghfirah Ramadhan, 2023: Penggunaan Traffic Accident Analysis Oleh Satlantas Jember Sebagai Alat Bukti Dalam Pengungkapan Kecelakaan Lalu Lintas Dalam Persidangan (Perspektif Hukum Positif dan Hukum Islam).

Kata Kunci : Penggunaan TAA, Alat Bukti, Perspektif Hukum.

Dalam proses pengungkapan kecelakaan lalu lintas alat bukti yang kuat sangat penting untuk memastikan keadilan. Traffic Accident Analysis (TAA) merupakan salah satu alat analisis yang dapat digunakan untuk pengungkapan kecelakaan lalu lintas. Penggunaan TAA dalam kecelakaan lalu lintas di Indonesia sering digunakan untuk kasus-kasus kecelakaan lalu lintas yang berat atau beruntun. Metode TAA ini menggunakan software komputer PC Recht dan PC Crash.
Fokus kajian dalam skripsi ini ialah:1) Bagaimana cara pengaplikasian metode Traffic Accident Analysis oleh pihak penyidik dalam menangani kecelakaan lalu lintas? 2)Bagaimana legalitas dari Traffic Accident Analysis (TAA) sebagai alat bukti yang sah pada suatu persidangan? 3) Bagaimana perspektif hukum positif dan hukum Islam terhadap penggunaan Traffic Accident Analysis (TAA) sebagai alat bukti di persidangan?
Tujuan dalam penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui tata cara pengaplikasian dari metode Traffic Accident Analysis oleh pihak penyidik dalam menangani kecelakaan lalu lintas. 2)Untuk mengetahui legalitas dari Traffic Accident Analysis (TAA) sebagai alat bukti yang sah pada suatu persidangan. 3) Untuk mengetahui perspektif hukum positif dan hukum Islam terhadap penggunaan Traffic Accident Analysis (TAA) sebagai alat bukti di persidangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kajian dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles and Huberman. Keabsahan data menggunakan menggunakan metode triangulasi data.
Peneliti memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Sepanjang tahun 2020-2023, Satlantas Polres Jember menerapkan TAA untuk menganalisis kecelakaan di Jalam Raya Jember-Banyuwangi pada 2020, Metode Traffic Accident Analysis (TAA) dilakukan Unit Laka Lantas Polres Jember dengan mengumpulkan informasi dari saksi, pemeriksaan TKP, dan kondisi kendaraan serta korban. 2) Penyelesaian kasus kecelakaan lalu lintas di persidangan yang menggunakan alat bukti Traffic Accident Analysis (TAA) ialah kecelakaan di Kecamatan Silo dengan Putusan PN Jember Nomor 690/Pid.Sus/2020/PN. 3) Traffic Accident Analysis (TAA) sebagai alat bukti dalam sidang acara pidana harus sesuai dengan KUHAP.Traffic Accident Analysis (TAA) dalam hukum Islam, TAA bisa dianggap sebagai alat bukti saksi ahli yang mengungkap penyebab dan kronologi kecelakaan lalu lintas untuk menyelesaikan perkara pidana di persidangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180121 Legal Practice, Lawyering and the Legal Profession
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Skripsi Maghfirah Rmdhn
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:18
Last Modified: 17 Jul 2024 04:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34232

Actions (login required)

View Item View Item