Manajemen Strategi BAZNAS Kabupaten Pasuruan dalam melaksanakan Program Kampung Binaan di Kampung Sempol Tosari

Novitasari, Novitasari (2024) Manajemen Strategi BAZNAS Kabupaten Pasuruan dalam melaksanakan Program Kampung Binaan di Kampung Sempol Tosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Novitasari_201103040003.pdf

Download (19MB)

Abstract

Novitasari, 2024: Manajemen Strategi BAZNAS Kabupaten Pasuruan dalam Melaksanakan Program Kampung Binaan di Kampung Sempol Tosari.

Kata Kunci: Manajemen Strategi, BAZNAS, Kampung Binaan

Kemiskinan merupakan permasalahan yang dihadapi oleh tiap suatu negara dan daerah didalamnya. Salah satunya Kabupaten Pasuruan, yang mengalami peningkatan kemiskinan pada kurun waktu 2023. Dengan demikian, BAZNAS Kabupaten Pasuruan membuat program Kampung binaan di Kampung Sempol Tosari yang merupakan kampung terkecil dan tertinggal yang berada di pedalaman Tosari. Dengan program tersebut, BAZNAS Kabupaten Pasuruan meraih penghargaan dari Radar Bromo Award sebagai organisasi yang menagani kemiskinan ekstrim di Kabupaten Pasuruan. Oleh karena itu, program kampung binaan dapat dikatakan sukses dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu dalam mensejahterakan umat.
Penelitian ini terfokus pada dua hal yaitu, bagaimana proses manajemen strategi BAZNAS Kabupaten Pasuruan dalam melaksanakan program kampung binaan di Kampung Sempol Tosari dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan manajemen strategi pada program kampung binaan oleh BAZNAS Kabupaten Pasuruan di Kampung Sempol Tosari.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses manajemen strategi BAZNAS Kabupaten Pasuruan dalam melaksanakan program kampung binaan di Kampung Sempol Tosari serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan manajemen strategi pada program kampung binaan oleh BAZNAS Kabupaten Pasuruan di Kampung Sempol Tosari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Analisis data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, data display dan verifikasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu manajemen strategi BAZNAS Kabupaten Pasuruan dalam melaksanakan program kampung binaan di Kampung Sempol Tosari memiliki tahapan sebagai berikut, 1) Perumusan strategi. 2) Implementasi strategi. 3) Evaluasi strategi. Adapun faktor pendukung manajemen strategi BAZNAS Kabupaten Pasuruan dalam melaksnakan program kampung binaan yaitu: dukungan dari warga, staf yang bertanggung jawab dan kompeten, dukungan dari pemerintah, tidak ada kendala mengenai kebijakan pemerintah dan kerjasama dengan mitra berjalan baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: akses jalan yang sulit dan berbahaya, kurangnya minat anak Kampung Sempol untuk melanjutkan pendidikan, iklim dan penyakit menyebabkan ternak kambing mati dan sulitnya untuk mendapatkan guru tugas dari luar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Novitasari Novita Sari
Date Deposited: 26 Jun 2024 07:52
Last Modified: 26 Jun 2024 07:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34236

Actions (login required)

View Item View Item