Penerapan Model Team Assited Individualization (TAI) Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Al Muarif Al Mubarok Patrang Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

HIKMAH, NANDA WAHIDATUL (2024) Penerapan Model Team Assited Individualization (TAI) Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Al Muarif Al Mubarok Patrang Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-051-PGMI-2024)
SKRIPSI NANDA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Nanda Wahidatul Hikmah, 2024 “Penerapan Model Team Assited Individualization pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Al Muarif Al Mubarok Patrang Jember Tahun Pelajaran 2023/2024”
Kata kunci: Team Assited Individualization, Pembelajaran Tematik
Dipilihnya model pembelajaran Team Assited Individualization karenamerupakan alternatif yang dapat digunakan guru dalam upaya menjadikan suasana kelas kondusif serta menyenangkan,peserta didik berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar terutama pada pembelajaran tematik.
Fokus penelitian adalah 1) Bagaimana penerapan pembelajaran model Team Assited Individualization pada pembelajaran Tematik Siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Al Muarif Al Mubarok Patrang Jember Tahun Pelajaran 2023/2024 ? 2) Apa faktor penghambat dan faktor pendukung pembelajaran model Team Assited Individualization pada pembelajaran Tematik Siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Al Muarif Al Mubarok
Patrang Jember Tahun Pelajaran 2023/2024?
Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran model Team Assited Individualization kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Al Muarif Al Mubarok Patrang Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Untuk mendeskripsikan faktor
penghambat dan faktor pendukung pembelajaran model Team Assited Individualization pada pembelajaran Tematik kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Al Muarif Al Mubarok Patrang Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan tringulasi yaitu tringulasi sumber dan tringulasi teknik.
Hasil penelitian ini dapat diambil simpulan bahwa 1) Penerapan pembelajaran model Team Assited Individualization (TAI) pada pembelajaran Tematik Siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Al Muarif Al Mubarak Patrang Jember Tahun Pelajaran 2023/2024 ada beberapa tahap tahap yakni placement test, teams, teachings group, students creative, team study, fact test, Team Score and Team Recognition, dan Whole-Class
Units. 2) Faktor penghambat metode Team Assited Individualization pada pembelajaran Tematik Siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Al Muarif Al Mubarak Patrang Jember Tahun Pelajaran 2023/2024 yakni siswa yang lemah dimungkinkan menggantungkan pada siswa yang pandai, siswa yang pintar akan merasa keberatan karena nilai yang diperoleh ditentukan oleh prestasi atau pencapaian kelompok. Faktor pendukungnya
yakni adanya tanggung jawab dalam kelompok dalam menyelesaikan permasalahan, siswa diajarkan bagaimana bekerja sama dalam suatu kelompok, mereka memiliki rasa peduli (care), rasa tanggung jawab (take responcibility) terhadap teman lain dalam proses belajar, mereka dapat belajar menghargai (learn to appreciate) perbedaan etnik (ethnicity), perbedaan tingkatan kemampuan (performance level), dan cacat fisik (disability).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nanda Wahidatul Hikmah
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:47
Last Modified: 09 Jul 2024 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34245

Actions (login required)

View Item View Item