Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 2 Jember

Luthfi, Indana Farihatul (2024) Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-116-PAI-2024)
INDANA FARIHATUL LUTHFI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Indana Farihatul Luthfi, 2024 : Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 2 Jember.

Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Kurikulum Merdeka diterapkan di SMP Negeri 2 Jember sejak Tahun Pelajaran 2023/2024. Pihak sekolah memerlukan upaya lebih dalam menerapkan kurikulum merdeka ini karena masih terbilang baru dalam penerapannya pada kelas VII. Penguatan karakter pada siswa perlu diterapkan melalui 6 dimensi profil pelajar Pancasil pada pembelajaran yang berdiferensiasi, karena hal ini merupakan kunci utama dalam Kurikulum Merdeka. Setiap pembelajaran di kelas, siswa harus menerapkan 6 dimensi tersebut secara bertahap dan dalam penelitian ini berfokus pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII.
Fokus pada penelitian ini adalah : 1) Perencanaan implementasi penguatan profil pelajar Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Jember, 2) Pelaksanaan implementasi penguatan profil pelajar Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Jember, 3) Evaluasi implementasi penguatan profil pelajar Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumenasi. Menggunakan analisis data menurut Miles dan Huberman, teknik penentuan subjek dengan purposive sampling, serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik.
Hasil penelitian ini 1) Perencanaan dalam implementasi 6 dimensi profil pelajar pancasila adalah dengan melaksanakan asesmen diagnostik kemudian menyusun modul ajar. 2) Proses pelaksanaan 6 dimensi profil pelajar Pancasila adalah dengan mengamati perilaku siswa saat pembelajaran serta memberikan tuga-tugas pada siswa secara bertahap agar menjadi pelajar Pancasila yang utuh. 3) Proses evaluasi dilaksanakan melalalui sharing antar guru kelas VII dengan cara saling berbagi informasi kemudian mendiskusikan masalah dan mencari solusi sebagai dasar dalam perencanaan pembelajaran ke depannya. Masing-masing guru mata pelajaran berkolaborasi untk menanamkan 6 dimensi profil pelajar Pancasila pada siswa dengan cara guru PAI memaksimalkan pada dimensi religius, sedangkan guru IPS memaksimalkan pada dimensi sosial, begitupun dengan mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indana Farihatul
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:35
Last Modified: 09 Jul 2024 05:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34297

Actions (login required)

View Item View Item