Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Berbasis Nilai – Nilai Moderasi Beragama Disatuan Pendidikan Muadalah Ulya Blokagung Banyuwangi

Rifandi, M. Afif Rosyidi (2024) Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Berbasis Nilai – Nilai Moderasi Beragama Disatuan Pendidikan Muadalah Ulya Blokagung Banyuwangi. Masters thesis, UINKHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
TESIS AFIF WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lembaga pendidikan sudah tentu memiliki visi dan misi tertentu, dalam rangka menjadikan atau mencetak peserta didik yang berkualitas, dalam proses menjadikan anak yang berkualitas. Seorang guru profesional harus memiliki segudang keterampilan dalam menstransferkan pengetahuan kepada anak didiknya. Taktik, strategi dan metode merupakan hal yang prinsip dikuasai oleh pembelajar untuk mengkomunikasikan mata pelajaran kepada anak didiknya. Sehingga Efektivitas diperlukan menjadi tolak ukur dalam. Fokus dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Berbasis Nilai – Nilai Syura’ Di Satuan Pendidikan Muadalah Ulya Blokagung Banyuwangi ? (2)Bagaimana Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Berbasis Nilai – Nilai Tasamuh Di Satuan Pendidikan Muadalah Ulya Blokagung Banyuwangi ?(3)Bagaimana Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Berbasis Nilai – Nilai Qudwah Di Satuan Pendidikan Muadalah Ulya Blokagung Banyuwangi ?.
Tujuan penelitian ini adalah:(1)Untuk Mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Berbasis Nilai – Nilai Syura’ Di Satuan Pendidikan Muadalah Ulya Blokagung Banyuwangi.(2)Untuk Mendeskripsikan Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Berbasis Nilai – Nilai Tasamuh Di Satuan Pendidikan Muadalah UlyaBlokagung Banyuwangi.(2)Untuk Mendeskripsikan Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Berbasis Nilai – Nilai Qudwah Di Satuan Pendidikan Muadalah Ulya Blokagung Banyuwangi.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi.Model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.
Temuan penelitian ini adalah: 1)Siswa tidak hanya diajak untuk memahami makna kitab secara mendalam, tetapi juga didorong untuk berkolaborasi, berdiskusi, dan menyampaikan pendapat mereka.2) metode pembelajaran yang digunakan menekankan pada inklusivitas dan toleransi. Setiap pendapat dihargai, dan siswa diajarkan untuk menerima perbedaan pendapat dengan lapang dada.3) Siswa di tuntut belajar untuk mengambil teladan dari perilaku dan akhlak guru sebagai contoh yang baik, serta mengamalkan dalam keseharian peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M M.Afif Rosyidi Rifandi
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:06
Last Modified: 27 Jun 2024 02:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34328

Actions (login required)

View Item View Item