Pengaruh influencer endorsement pada akun Instagram @Kulinerlmj.Id terhadap keputusan pembelian melalui perilaku Impulsive Buying

Ain, Novika Rizqi Qorirotul (2024) Pengaruh influencer endorsement pada akun Instagram @Kulinerlmj.Id terhadap keputusan pembelian melalui perilaku Impulsive Buying. Undergraduate thesis, UIN KIai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NOVIKA RIZQI QORIROTUL AIN_204103010069.pdf

Download (1MB)

Abstract

Novika Rizqi Qorirotul Ain, 2024: Pengaruh Influencer Endorsement Pada Akun Instagram @Kulinerlmj.Id Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Perilaku Impulsive Buying.
Kata Kunci: Influencer Endorsement, Keputusan Pembelian, Impulsive Buying.
Berkembangnya teknologi informasi serta komunikasi membuat banyaknya aspek turut mengalami perkembangan,termasuk media sosial. Pada era ini, masyarakat banyak yang menggunakan media sosial menjadi sumber informasi, edukasi, pendidikan, hiburan, serta bisnis. Salah satu media sosial yang paling dikenal adalah instagram. Fitur-fitur yang ada pada instagram membuat pelaku usaha turut memasarkan produk mereka melalui instagram dan dijembatani oleh influencer endorser. Hal tersebut oleh pelaku usaha dinilai efektif dalam menyebarkan produk serta mempersuasi followers dalam melakukan keputusan Pembelian. Salah satu akun instagram yang banyak dikenal oleh masyarakat Lumajang adalah @Kulinerlmj.id. Akun @Kulinerlmj.id merupakan akun influencer yang menerima jasa endorsement, yang mana melalui konten-konten nya dinilai mampu mempersuasi khalayak sehingga melakukan keputusan pembelian.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) Mengetahui adakah Pengaruh Influencer Endorsement pada akun Instagram @Kulinerlmj.id Terhadap Keputusan Pembelian. 2)Mengetahui adakah Pengaruh Influencer Endorsement pada akun Instagram @Kulinerlmj.id Terhadap Keputusan Pembelian dengan perilaku Impulsive buying.
Untuk menganalisis permasalahan tersebut, metode pendekatan penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif Korelasional. Teknik pengumpulan data Primer menggunakan angket/kuesioner, serta teknik pengumpulan data menggunakan wawancra serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Path Analysis dengan bantuan software SmartPLS 4.0 yang mana sumber data diperoleh dari kuesioner berbentuk google form yang disebarkan kepada followers akun instagram @Kulinerlmj.id dengan jumlah sampel 380 orang.
Dari hasil penyebaran kuesioner melalui google form yang disebarkan oleh akun @Kulinerlmj.id, memperoleh hasil bahwa repsonden yang telah melakukan keputusan pembelian kuliner yang direkomendasikan oleh akun instagram @Kulinerlmj adalah 380 orang, dengan jenis kelamin didominasi oleh perempuan dan berumur 15-30 tahun serta memperoleh kesimpulan bahwa 1) Influencer Endorsement memiliki hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) Influencer Endorsement memiliki hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying. 3) Impulsive Buying memiliki hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 4) Influencer Endorsement memiliki hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui perilaku Impulsive Buying.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mrs Qoriotul Ain Novika Rizqi
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:49
Last Modified: 28 Jun 2024 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34342

Actions (login required)

View Item View Item