Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Seblang di Desa Olehsari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi Tahun 2024/2025

Shobahatis Salamah, Nuris (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Seblang di Desa Olehsari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi Tahun 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-078-PAI-2024)
NURIS SHOBAHATIS SALAMAH-204101010091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Nuris Shobahatis Salamah, 2024: Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Seblang di Desa Olehsari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi Tahun 2024/2025

Kata kunci: Tradisi Seblang Olehsari, Nilai-Nilai Pendidikan Islam.

Nilai-nilai pendidikan Islam merujuk pada prinsip-prinsip moral yang berasal dari agama Islam, yang memiliki landasan Al-Qur’an dan As-Sunnah, hamba Allah mengekspresikan ibadah sesuai dengan tradisi, salah satunya di Banyuwangi yaitu tradisi seblang. Tradisi seblang merupakan ungkapan rasa syukur dan tolak bala supaya desa tetap aman dan tentram yang dari warisan nenek moyang, diadakan satu minggu setelah Idul Fitri.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana nilai-nilai hubungan manusia dengan Allah (Hablum min Allah) dalam tradisi seblang di Desa Olehsari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi? 2) Bagaimana nilai-nilai hubungan manusia dengan manusia (Hablum min Annas) dalam tradisi seblang di Desa Olehsari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi? 3) Bagaimana nilai-nilai hubungan manusia dengan alam (Hablum min Al-Alam) dalam tradisi seblang di Desa Olehsari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan nilai-nilai hubungan manusia dengan Allah (Hablum min Allah) dalam tradisi seblang di Desa Olehsari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. 2) mendeskripsikan nilai-nilai hubungan manusia dengan manusia (Hablum min Annas) dalam tradisi seblang di Desa Olehsari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. 3) mendeskripsikan nilai-nilai hubungan manusia dengan alam (Hablum min Al-Alam) dalam tradisi seblang di Desa Olehsari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Nilai-nilai hubungan manusia dengan Allah (hablum min Allah) dalam tradisi seblang yakni bentuk keimanan kepada Allah sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen, nikmat rezeki, kesehatan dan keamanan desa. Ikhlas dalam tradisi seblang yakni diwujudkan dengan keikhlasan pelaku adat dan masyarakat Olehsari dalam melaksanakan tugasnya. 2) Nilai-nilai hubungan manusia dengan manusia (hablum min annas) dalam tradisi seblang yakni dilakukan dengan tanggung jawab, gotong royong, musyawarah, dan kebersamaan dari seluruh masyarakat. 3) Nilai-nilai hubungan manusia dengan alam (hablum min alam) dalam tradisi seblang adalah ungkapan rasa syukur kepada Allah atas nikmat hasil bumi (panen) yang didapatkan untuk mengingatkan masyarakat dalam melestarikan dan menjaga lingkungan alam sekitar yang memberikan manfaat bagi kehidupan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuris Shobahatis Salamah
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:47
Last Modified: 08 Jul 2024 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34386

Actions (login required)

View Item View Item