Pola Komunikasi Nyai Iffa dalam Pembinaan Organisasi Santri di Pondok Pesantren As-Shofa Jubung Jember

Rahmat, Hidayat (2024) Pola Komunikasi Nyai Iffa dalam Pembinaan Organisasi Santri di Pondok Pesantren As-Shofa Jubung Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RAHMAT HIDAYAT 2024.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Pola Komunikasi, Pembinaan.
Pondok Pesantren dalam fungsinya sebagai lembaga pendidikan dan pengkaderan memiliki peran untuk mempersiapkan kader yang akan berkiprah dan membangun masyarakat menuju kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara. Upaya kearah ini tentunya harus diupayakan secara sistematis dan efektif. Pendidikan dan pembinaan santri adalah serangkaian upaya pendidikan baik Pondok Pesantren maupun pendidikan formal.
Pondok Pesantren As-Shofa Jubung mulai menerapkan ilmu manajemen dalam pengelolaan, sehingga mulai ada perkembangan yang cukup baik dalam pola pendidikan dan hasilnya. Mudabbir atau pengurus Pondok Pesantren selalu membina, mendampingi, dan mengarahkan santri ke arah yang baik dan benar. Sehingga peran ini sangat penting dan vital. Selain itu, pengurus Pondok Pesantren memiliki peran manajemen dalam mengatur struktur kepengurusan yang ada di Pondok Pesantren, baik dalam hal program, mengorganisasi, mengontrol, dan mengevaluasi.
Fokus penelitian ini adalah 1. Bagaimana Pola Komunikasi Pengasuh Nyai Iffa dalam Pembinaan Awal Organisasi Santri di Pondok Pesantren As-Shofa Jubung Jember? 2. Bagaimana Pola Komunikasi Pengasuh Nyai Iffa dalam Pembinaan Aktif Organisasi Santri di Pondok Pesantren As-Shofa Jubung Jember? 3. Bagaimana Pola Komunikasi Pengasuh Nyai Iffa dalam Pembinaan Akhir Organisasi Santri di Pondok Pesantren As-Shofa Jubung Jember?
Pendekatan penelitian ini kualitatif dengan jenis studi kasus. Perolehan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan ada empat tahapan yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan atau verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah pola komunikasi dalam pembinaan organisasi santri di Pondok Pesantren As-Shofa Jubung bervariasi sesuai dengan tahap pembinaan yang dilakukan. Pada tahap pembinaan awal, pola komunikasi rantai diterapkan dalam pelatihan kepemimpinan dan manajemen (PKM). Pada tahap pembinaan aktif, pola komunikasi rantai digunakan dalam agenda monitoring dan evaluasi melalui rapat pengurus organisasi santri, rapat Majelis Pembinaan Organtri (MPO), dan rapat Yayasan As-Shofa Jubung. Sementara itu, pada tahap pembinaan akhir, pola komunikasi bintang diterapkan dalam kegiatan laporan pertanggungjawaban. Hasil ini menunjukkan adanya adaptasi pola komunikasi yang dinamis sesuai dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing tahap pembinaan organisasi santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rahmat Rahmat Hidayat
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:39
Last Modified: 27 Jun 2024 03:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34391

Actions (login required)

View Item View Item