Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Tentang Jual Beli Daging Cicak (Studi Kasus di Desa Plalangan Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember)

Elva, Silviana Mulyani (2024) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Tentang Jual Beli Daging Cicak (Studi Kasus di Desa Plalangan Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI ELVA WATERMARK.pdf

Download (6MB)

Abstract

Elva Silviana Mulyani, 2023: Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Tentang Jual Beli Daging Cicak (Studi Kasus Di Desa Plalangan Kalisat Kabupaten Jember

Kata Kunci : Hukum Ekonomi Syariah, Jual Beli,

Jual beli merupakan bentuk interaksi antar individu yang merupakan upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam konteks ajaran Islam, aktivitas jual beli harus tunduk pada prinsip Syariat Islam, termasuk memenuhi syarat dan rukunnya. Transaksi jual beli yang tidak memenuhi persyaratan tersebut dapat menyebabkan tidak sahnya perjanjian tersebut. Dalam konteks Islam, tujuan dari jual beli antara lain adalah untuk saling membantu sesama. Salah satu contoh praktik jual beli yang dilakukan oleh masyarakat Desa Plalangan, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, adalah kegiatan rutin jual beli daging cicak yang berlangsung secara terus-menerus. Praktik ini dihubungkan dengan pemenuhan kebutuhan ekonomi di tengah masyarakat. Meskipun ada perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang hukum serangga, termasuk cicak, sebagian besar ulama menyatakan bahwa serangga dianggap haram karena dianggap sebagai binatang yang menjijikkan. Maka peneliti tertarik untuk mengetahui tinjauan hukumEkonomi Syariah mengenai jual beli daging cicak di Palalangan Jember.
Berdasarkan latar belakang masalah, maka fokus penelitian yang dikaji adalah 1) Bagaimana praktik jual daging cicak di Desa Plalangan Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember? 2) Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli daging cicak di Desa Plalangan Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember?
Tujuan pada penelitian ini yakni 1) untuk mengetahui praktik jual daging cicak di Desa Plalangan Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember 2) untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli daging cicak di Desa Plalangan Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan diklasifikasikan sebagai jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini mengumpulkan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa Pertama praktik jual beli cicak di desa Plalangan, disitu didapatkan ada pengepul dan ada juga pemburu, yang dimana pemburu itu bisa menjual hasil buruannya kepada pengepul. Pemburu mencari cicak dalam jumlah banyak dan dikumpulkan untuk stok untuk dijual di pengepul di setiap minggunya, kemudian hasil dari buruan cicak dijual kepada pengepul dengan cara ditimbang perkilo dan dalam keadaan mati namun tidak dikeringkan. Sedangkan konsumen bisa membeli daging cicaknya langsung ke pengepul. Kedua, ditinjau dari hukum ekonomi syariah terhadap jual beli daging cicak secara telah memenuhi syarat rukun jual beli sehingga transaksinya sah dan selain itu juga tidak mengandung unsur gharar,riba, dan maisir meskipun yang dijual yakni hewan haram dan menjijikkan namun dalam transaksinya terbilang sah karena tidak ada kecurangan antara penjual dan pembeli dan atas dasar sama sama suka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Elva Silviana Mulyani
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:15
Last Modified: 27 Jun 2024 06:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34427

Actions (login required)

View Item View Item