Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Hasil Belajar Siswa Asrama Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi

Alfaini, Zulfa Nada (2024) Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Hasil Belajar Siswa Asrama Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alfaini Zulfa Nada (205103050016).pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya problematika pada siswa terkait dalam belajar akan mengatur, merencanakan, memotivasi dirinya dalam kegiatan asrama maupun sekolah, terkait waktu pembelajaran karena keterbatasan di dalam asrama dalam hal belajar yang menyebabkan hasil belajar kurang maksimal, adanya keterbatasan untuk menggunakan media komunikasi cukup kurang apalagi ketika mereka mendapatkan tugas yang harus mencari lewat media komunikasi seperti handphone dan laptop. Mereka yang tidak pernah merasakan mondok/asrama sebelumnya merasa kesulitan untuk menyesuaikan dirinya pada lingkungan asrama yang harus bisa menaati aturan yang sudah ditetapkan dan juga ditemukannya disetiap kelas bahwa mereka memiliki rasa bosan dalam berkegiatan di sekolah dan asrama, sehingga menimbulkan perilaku-perilaku seperti malas mengikuti pembelajaran tertentu, baik dengan dalih guru yang tidak enak dalam mengajar, sehingga membuat beberapa siswa malas saat belajar.
Sesuai dengan latar belakang yang sudah dipaparkan dalam penelitian ini memiliki rumusan masalah yang dapat ditarik dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara self regulated learning dengan hasil belajar siswa asrama kelas x Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan tentang self regulated learning dengan hasil belajar siswa asrama kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Teknik sampling yang digunakan yakni menggunakan teknik non random sampling dengan jenis sampel total sampling yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket SRL dan hasil belajar semester. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi product moment pearson. Uji korelasi yang dilakukan mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0,05 artinya memiliki hubungan yang signifikan. Besar nilai r yang didapatkan yakni 0,320 yang artinya memiliki kategori rendah dan berbentuk korelasi positif, sehingga hipotesis yang diajukan menghasilkan hasil yang diinginkan, dengan artian siswa asrama kelas X MAN 1 Banyuwangi hipotesis Ha (terdapat hubungan antara hasil belajar siswa asrama kelas X MAN 1 Banyuwangi) diterima, sedangkan Ho (tidak ada hubungan antara hasil belajar siswa asrama kelas X MAN 1 Banyuwangi) ditolak.
Berdasarkan kesimpulan bahwa uji korelasi yang menunjukkan korelasi yang kurang baik, Hal ini disebabkan siswa masih belum mengetahui SRL secara baik terkait mengatur diri, mengelola waktu, dan menyesuaikan tugas asrama dan sekolah secara benar. Namun ada juga beberapa faktor lain yang mempengaruhi variabel SRL selain hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Mis Alfaini Zulfa Nada
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:52
Last Modified: 27 Jun 2024 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34428

Actions (login required)

View Item View Item