Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis GENIALLY pada materi Sumber Energi kelas III Madrasah Ibtidaiyah NEGERI 3 Jember

Rifda, Siti Muina Arfada (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis GENIALLY pada materi Sumber Energi kelas III Madrasah Ibtidaiyah NEGERI 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-043-PGMI-2024)
Siti Muina Arfada Rifda_204101040005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran, ditunjukan dengan tercapainya tujuan pembelajaran, dimana kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menjadi kunci utamanya. Kualitas pembelajaran tidak hanya diukur dari seberapa banyak materi yang disampaikan oleh guru, tetapi seberapa banyak materi yang sudah dipahami oleh peserta didik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di MIN 3 Jember, didapat bahwa problematika yang dihadapi oleh guru adalah hasil belajar peserta didik yang masih kurang maksimal, hal tersebut dikarenakan kurangnya media pembelajaran yang digunakan sehingga peserta didik seringkali merasa bosan dan kelas menjadi kurang kondusif saat proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1. Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis genially pada materi sumber energi terhadap hasil belajar peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember?. 2. Bagaimana kelayakan Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis genially pada materi sumber energi terhadap hasil belajar peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember?
Tujuan dari pengembangan ini yaitu : 1) Untuk mendeskripsikan dan mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis genially pada materi sumber energi terhadap hasil belajar peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan dan mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis genially pada materi sumber energi terhadap hasil belajar peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau sering dikenal dengan istilah Reaserch and Development atau disebut juga R & D. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model penelitian ADDIE atau sering disebut dengan analysis, design, development, implementation dan evaluation yang dicetus oleh Dick and Carry (1996). Model ADDIE yang efektif lebih berfokus pada pelaksanaan tugas otentik,pengetahuan yang bersifat kompleks, dan permasalahan asli.
Hasil penelitian ini yaitu : 1) Produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran interaktif berbasis website genially yang berisikan materi berkaitan dengan Sumber Energi yang memuat gambar-gambar menarik, vidio-vidio, materi, quiz, dll. 2) Secara keseluruhan hasil validasi media pembelajaran dari para ahli menunjukan presentase rata-rata sebesar 94,7% dengan kategori layak untuk digunakan dan diterapkan dalam proses pembelajaran. 3) data uji coba produk dengan melakukan pretest dan posttest kepada peserta didik menunjukan hasil peningkatan nilai, dari rata-rata nilai keseluruhan 60,8 menjadi 80. Selain itu respon peserta didik pada media pembelajaran didapat dengan cara membagikan angket yang diisi oleh 37 peserta didik, dengan jumlah total nilai sebesar 880 dari nilai maksimum 925. Jika dipresentasekan yaitu sebesar 95% yang menunjukkan bahwa media ini layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Arfada Rifda
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:27
Last Modified: 04 Jul 2024 03:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34431

Actions (login required)

View Item View Item