Pengembangan media papan kreatif huruf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Condro Jember

Yunia, Solehatullah (2024) Pengembangan media papan kreatif huruf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Condro Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK - 032 - PGMI - 2024)
Yunia Solehatullah_20410104001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Yunia Solehatullah, 2024: Pengembangan Papan Kreatif Huruf Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember.
Kata Kunci: Pengembangan Media Papan, Kreatif Huruf, Mengenal Abjad, Pelajaran Bahasa Indonesia.
Pengembangan media papan menganal huruf yang dapat membantu siswa dalam memahami dan mengenal huruf abjad. Dengan tujuan dari papan mengenal huruf ini, dapat membantu peserta didik belajar mengenali bentuk dari setiap huruf dalam abjad. Dengan menggunakan papan tersebut, peserta didik dapat berlatih mengidentifikasi huruf-huruf.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana Pengembangan Media Papan Kreatif Huruf Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dikelas 1 Mima Condro Jember? 2. Bagaimana Kelayakan Pengembangan Media Papan Kreatif Huruf Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dikelas 1 Mima Condro Jember? Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1. Untuk Menghasilkan Produk Pengembangan Media Papan Kreatif Huruf Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dikelas 1 Mima Condro Jember. 2. Untuk Mengetahui Kelayakan Media Papan Kreatif Huruf Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dikelas 1 Mima Condro Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau sering dikenal dengan istilah Reaserch and Development atau disebut juga R & D. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model penelitian ADDIE atau sering disebut dengan analysis, design, development, implementation dan evaluation. Model ADDIE yang efektif lebih berfokus pada pelaksanaan tugas otentik, pengetahuan yang bersifat kompleks, dan permasalahan asli.
Hasil penelitian ini yaitu: 1). Produk yang dikembangkan yaitu media papan kreatif huruf yang berisikan materi mengenal abjad pada peserta didik kelas 1 yang memuat gambar-gambar dan desain menarik. 2). Secara keseluruhan analisis dari para ahli media pembelajaran papan kreatif huruf ini menunjukan presentase sebesra 93% dengan kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran, dan 3). Data uji coba produk dengan meakukan respon pada peserta didik menunjukan presentase rata-rata sebesar 93 %, sehingga dapat dinyatakan produk media papan kreatif huruf dinyatakan layak untuk digunakan dan tidak perlu direvisi ulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Yunia Yunia
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:38
Last Modified: 03 Jul 2024 03:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34436

Actions (login required)

View Item View Item