Penerapan model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) berbantu Media Question Card dalam mengembangkan minat belajar siswa pelajaran Akidah Akhlak Kelas Xi Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi

Dianisa, Yessi (2024) Penerapan model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) berbantu Media Question Card dalam mengembangkan minat belajar siswa pelajaran Akidah Akhlak Kelas Xi Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK-117-PAI-2024)
YESSI DIANISA _ 202101010033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Yessi Dianisa, 2024: Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantu Media Question Card Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi
Kata kunci: Pembelajaran Teams Games Tournament, Minat Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi peneliti di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi biasanya guru mengajar hanya menerapkan model pembelajaran dengan metode ceramah dan penugasan saja yang mana dapat menjadikan peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga berdampak dalam minat belajarnya. Supaya siswa dapat mengembangkan minat belajarnya maka diperlukan model pembelajaran, salah satunya yaitu model pembelajaran teams games torunament sebagai terobosan bagi guru dalam mengembangkan minat belajar siswa.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana Perencanaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantu Media Question Card Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Di Man 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana Pelaksanaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantu Media Question Card Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Di Man 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024? 3) Bagaimana Evaluasi pelaksanaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantu Media Question Card Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di Man 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024?.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan mengenai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantu Media Question Card Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Xi Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kulitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di kelas XI Saintek 4 Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Adapun analisis data dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan juga kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan model pembelajaran TGT berbantu media question card ini meliputi guru mengikuti pelatihan kemudian menyusun perangkat pembelajaran. 2) Pelaksanaan model pembelajaran TGT berbantu media question card ini meliputi 5 tahap yakni penyajian kelas, belajar kelompok, permainan, turnamen, dan penghargaan kelompok, c) pembelajaran ditutup dengan kesimpulan dan salam. 3)Evaluasi model pembelajaran TGT berbantu media question card di kelas XI Saintek 4 meliputi 3 aspek yakni aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Yessi Dianisa
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:44
Last Modified: 09 Jul 2024 05:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34464

Actions (login required)

View Item View Item