Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Praktik Jual Beli Mentimun Tanpa Timbangan (Studi Kasus di Desa Sumberberas Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi)

Iswahyudi, Ari (2024) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Praktik Jual Beli Mentimun Tanpa Timbangan (Studi Kasus di Desa Sumberberas Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-052-HES-2024)
Skripsi Ari Revisi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dapat diketahui, bahwasanya dalam sehari-hari kita tidak luput dari kegiatan ekonomi, mulai dari menabung bank, investasi pinjam meminjam, atau sekedar jual beli. Pada kebanyakan masyarakat, jual beli yang sering dilakukan tidak memperhatikan apasaja syarat-syarat dari jual beli, bahkan seringkali terjadi jual beli dilakukan dengan tidak mengetahui dengan jelas bagaimana jenis, berat timbangan dan ukuran-ukuran lainnya. Seperti halnya jual beli mentimun yang terjadi di desa Sumberberas Kecamatan Muncar, jika dilihat lebih dekat maka ada beberapa hal yang menarik untuk dikaji. Salah satunya yaitu mentimun yang dibeli dari petani ditentukan menggunakan takaran karung yang menyebabkan tidak adanya perhitungan yang jelas mengenai timbangan sebagai ukurannya.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah praktik jual beli mentimun di Desa Sumberberas Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi? (2) Bagaimanakah tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik jual beli mentimun di Desa Sumberberas Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi?.
Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui praktik jual beli mentimun di Desa Sumberberas Kecamatan Muncar dan 2) untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik jual beli mentimun di Desa Sumberberas.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian hukum empiris dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, didukung dengan pendekatan studi kasus dan sosiologi hukum, serta teknik analisa data dengan triangulasi sumber.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan praktik jual beli mentimun yang dilakukan di Desa Sumberberas Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi menggunakan sistem karung atau tanpa timbangan yang sudah dilakukan sejak lama. Hal ini dikarenakan menurut petani sistem tersebut lebih efisiensi daripada menggunakan timbangan. (2) Menurut Hukum Ekonomi Syariah yang dilakukan di Desa Sumberberas Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi tidak ada unsur kejelasan dalam kondisi mentium, jumlah mentimun perkarung dan juga ketidakjelasan harga mentimun perkilogram.

Kata Kunci : Hukum Ekonomi Syariah; Jual Beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ari Iswahyudi
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:05
Last Modified: 16 Jul 2024 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34473

Actions (login required)

View Item View Item