Efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap Hasil Belajar materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII SMP Islam Miftahul Ulum

Islamiyah, Firdaus (2024) Efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap Hasil Belajar materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII SMP Islam Miftahul Ulum. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-021-TADRIS-IPA-2024)
FIRDAUS ISLAMIYAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperaif, STAD, Efektivitas, Hasil Belajar.
Sistem pernapasan manusia, sebagai materi integral dalam kurikulum IPA SMP, tidak hanya memberikan kontribusi terhadap pemahaman konsep ilmiah siswa tetapi juga memiliki relevansi yang signifikan dengan realitas alam sekitar. Tantangan dalam pembelajaran materi sistem pernapasan manusia, khususnya di kelas VIII SMP Islam Miftahul Ulum, berkaitan dalam beberapa aspek. Aspek-aspek tersebut termasuk sumber belajar dan model pembelajaran, serta tantangan pemahaman konsep oleh siswa. Dalam konteks inilah, penelitian ini menjadi relevan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar serta pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Islam Miftahul Ulum pada materi pelajaran sistem pernapasan manusia.
Rumusan masalah yang dipilih peneliti dalam penelitian ini adalah bagaimana Bagaimana keefektifan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Islam Miftahul Ulum. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Islam Miftahul Ulum.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen untuk mengevaluasi dampak dari treatment (perlakuan). Adapun desain yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pola desain nonequivalent control group. Pengambilan sampel dari populasi menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VIII A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji Mann Whitney. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskripstif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok, dengan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 85.25, sementara kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 77.5. Hal ini mengindikasikan bahwa model STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar, dengan peningkatan sebesar 7.75 poin. Model STAD mendorong kerja sama dalam kelompok kecil, diskusi aktif, dan memberikan insentif kepada kelompok yang berhasil, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan membangun keterampilan sosial yang penting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Firdaus Islamiyah
Date Deposited: 01 Jul 2024 06:34
Last Modified: 09 Jul 2024 00:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34488

Actions (login required)

View Item View Item