Kriteria pasangan ideal dalam Al-Qur'an (Teori Psikologi Keluarga: Filter Theory)

Sabila, Reza (2024) Kriteria pasangan ideal dalam Al-Qur'an (Teori Psikologi Keluarga: Filter Theory). Undergraduate thesis, UIN.

[img] Text
Skripsi Reza Urizkiya Sabila fixpdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kriteria pasangan ideal dalam Al-Qur'an dengan menggunakan teori psikologi keluarga: Filter Theory sebagai pisau analisa. Penelitian ini dianggap penting karena fenomena pemuda-pemudi di Indonesia yang memiliki ketakutan untuk menikah karena takut salah pilih pasangan, karena akibat dari salah pilih pasangan dapat berakhir dengan perceraian. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini akan mengkaji kriteria pasangan ideal dalam Al-Qur’an dengan dua rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana Al-Qur’an menggambarkan kriteria pasangan ideal? 2. Bagaimana keinterkoneksian kriteria pasangan ideal dalam Al-Qur’an dengan teori psikologi keluarga: Filter Theory?.

Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, penelitian ini memakai pendekatan kualitatif yang bersifat kepustakaan (library research). Dan pada analisa data penulis memakai deskriptif dengan tujuan memperoleh hasil yang akurat dari data-data yang dikumpulkan dan disajikan dengan apa adanya, analisis tersebut menggunakan teori psikologi keluarga: filter theory.

Penelitian ini memperoleh dua kesimpulan yaitu: 1. Al-Qur’an menggambarkan tujuh kriteria pasangan ideal yaitu: a. Pasangan yang seagama QS. Al-Baqarah (2:221), b. Taat beragama QS. Al-Furqan (25:74), c. Berperilaku baik QS. Al-Nur (24:26), d. Memiliki kedekatan lingkungan sosial yang baik QS. Al-Nur (24:32), e. Mampu memberikan hak-hak pernikahan QS. Al-Nur (24:32), f. Dapat memberikan keturunan QS. Al-Shura (26:11), dan g. Memiliki daya tarik QS. Al-Baqarah (2:221). 2. Kriteria- kriteria tersebut memiliki keinterkoneksian dengan teori psikologi keluarga Filter Theory untuk memilih pasangan yaitu : a. The Field of Eligibles: Pasangan yang seagama, taat beragama, berperilaku baik, mampu memberikan hak-hak pernikahan dan dapat memberikan keturunan b. Propinquity: Memiliki kedekatan lingkungan sosial yang baik, c. Attraction: Memiliki daya tarik d. Homogamy and Heterogamy: Berperilaku baik e. Compality dan f. The Filtering Process

Kata Kunci: Kriteria, Pasangan Hidup Ideal, Teori Psikologi Keluarga: Filter Theory

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Reza Urizkiya Sabila
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:44
Last Modified: 27 Jun 2024 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34489

Actions (login required)

View Item View Item