MOHAMMAD DANIAL, REZA (2019) Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
MOHAMMAD DANIAL REZA_T20151204.pdf Download (4MB) |
Abstract
Mohammad Danial Reza, 2019: Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 Keberhasilan suatu pembelajaran tidak lepas dari peran guru sebagai seorang pendidik di lingkungan madrasah. Dalam proses pembelajarannya, guru dituntut untuk mampu memiliki kemampuan memotivasi siswanya agar tercipta suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Dalam menyampaikan materi guru juga harus dapat memberikan motivasi kepada peserta didik agar peserta didik bangga atas apa yang dipelajarinya. Peran guru sangat besar dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini meliputi: 1) bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember tahun pelajaran 2019/2020?; 2) apa kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember tahun pelajaran 2019/2020? Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penentuan subjek menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpuan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut:1) Peran guru sebagai motivasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember ditunjukan dengan adanya guru sebagai motivator, pengarah dan fasilitator. Selain itu, guru harus berusaha a) Memberikan contoh yang baik, b) Mendorong motivasi belajar siswa, c) Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, d) Mengembangkan kemampuan peserta didik. Bentuk-bentuk motivator yang diberikan oleh guru antara lain pemberian nilai, pemberian pujian, dan kerja sama yang baik antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. 2) Kendala yang dihadapi guru pada pembelajaran Akidah Akhlak terdapat kendala dari faktor intern siswa seperti: adanya minat peserta didik dan tingkat pemahaman. Sementara itu, Faktor ekstern siswa yaitu pengaruh pergaulan siswa, lingkungan yang kondusif serta keluarga yang harmonis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 04:10 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 04:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3449 |
Actions (login required)
View Item |