Ainul, Fitria (2024) Permainan finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak kelompok B usia 3-4 tahun dikelompok bermain Al islahiyah Wuluhan Jember tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN kiai Achmad Shiddiq Jember.
Text (SK-011-PIAUD-2024)
SKRIPSI AINUL FITRIA 2024 (1)(2) (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (66MB) |
Abstract
Finger painting adalah suatu kegiatan mencampurkan beberapa warna dengan cara mengaplikasikan langsung menggunakan tangan tanpa menggunakan alat bantu kuas atau alat lainnya. Kreativitas anak adalah kemampuan anak dalam menciptakan ide baru dan kemampuan anak dalam menggunakan objek atau informasi yang sudah ada dengan cara baru. Dengan ini peneliti menemukan bahwa bahan yang digunakan pada saat kegiatan finger painting ini terlalu monoton dan terlalu biasa digunakan. Dengan menggunakan adonan warna tepung kanji anak bisa dapat mengenal tekstur daripada menggunakan car air atau pewarna makanan yang biasa digunakan
Fokus masalah yang ada di dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan permainan finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak pada kelompok B usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Al Islahiyah 2-(2) Bagaimana hambatan penerapan pada permainan finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak kelompok B usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Al Islahiyah Wuluhan Jember?. Dan tujuan dari penelitian ini adalah Pertama, Mendeskripsikan penerapan permainan finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak kelompok B. usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Al Islahiyah Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2023 2024 Kedua, Mendeskripsikan hambatan penerapan pada permainan finger painting dalam mengembangkan kreativitus anak kelompok B usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Al Islabiyah Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif ini pada objek alamiah, sumana objek tersebut berkembang apa adanya dan tidak dimanipulatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang merupakan studi terhadap realitas kehidupan sosial masyarakat secara langsung. Objek Penelitian di lembaga Kelompok Bermain Al Islahiyah Wuluhan Jember dengan subyek kepala sekolah, guru Kelompok B. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi,
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa (1) Penerapan permainan finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak kelompok B usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Al Islahiyah Wuluhan jember dilaksanakan dengan beberapa langkah, diantaranya pertama, tahap persiapan, dalam tahap ini menggunakan RPPH sebagai acuan untuk pembelajaran harian yangh sudah ditetapkan temanya. Kedua, tahapan pelaksanaan, dalam tahapan ini guru melakukan beberapa langkah sebagai berikut: 1) guru membuka kegiatan sesuai tema yang sudah ditetapkan dan
memperkenalkan kepada anak. 2) guru memperkenalkan alat dan bahan yang akan digunakan ketika kegiatan finger painting.3) guru memperagakan bagaimana cara membuat adonan wama. 4) guru membagikan kertas kosong kepada setiap anak. 5) guru membagikan adonan warna ke setiap anak. 6) guru menggambar dengan ditiru oleh anak menggunakan adonan warna. (2) Hambatan penerapan pada permainan finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak kelompok B usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Al Islahiyah Wuluhan Jember ada beberapa diantaranya, pertama, anak suka memainkan adonan warna. Kedua, anak tidak menyukai tekstur adonan warna. Ketiga, anak kesulitan meniru dalam pembuatan pola yang dibuat oleh guru.
Kata kunci : finger painting, kreativitas, anak usia dini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ainul Fitria |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 07:49 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 06:11 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34501 |
Actions (login required)
View Item |