Peran Bali TV Sebagai Media Pelestarian Identitas Budaya Bali Dan Mendorong Integrasi Islam

Safirra, Moza (2024) Peran Bali TV Sebagai Media Pelestarian Identitas Budaya Bali Dan Mendorong Integrasi Islam. Undergraduate thesis, Uin Kiai Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK-050-KPI-2024)
SKRIPSI-MOZA SAFIRRA-205103010018-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Identitas Budaya Bali, Integrasi Islam, Media Pelestarian, Peran Bali TV

Televisi diperkenalkan pada 17 Agustus 1962 dan menjadi salah satu media massa yang paling dominan di Indonesia, terdapat puluhan TV nasional yang menawarkan berbagai macam program mulai dari hiburan,olahraga, politik, kuliner hingga dokumenter. Namun banyak sekali TV Nasional yang mengabaikan atau minim mengangkat muatan warisan budaya, karena industri pertelevisian cenderung memilih tayangan yang bersifat komersial dengan mengejar rating tertinggi. Peran Bali TV sebagai media dalam mempertahankan identitas budaya Bali dan mendorong integrasi islam merupakan aset berharga yang perlu dilestarikan.
Fokus masalah penelitian ini yakni : 1) Bagaimana peran Bali TV dalam melestarikan identitas budaya Bali dan mendorong integrasi islam. 2) Mengapa Bali TV memilih identitas budaya Bali sebagai program utama 3) Apa saja tantangan dan hambatan mempertahankan identitas budaya Bali. Tujuan pada penelitian ini yakni : 1) Untuk mengetahui peran Bali TV dalam melestarikan identitas budaya Bali dan mendorong integrasi islam 2) Untuk mengetahui alasan Bali TV memilih identitas budaya Bali sebagai program utama 3) Untuk mengetahui tantangan dan hambatan Bali TV dalam mempertahankan identitas budaya Bali.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Memakai triangulasi teknik yakni wawancara, observasi, dokumentasi serta triangulasi sumber untuk analisis data. Kemudian analisis pengumpulan ada data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Bali TV memiliki kontribusi besar dalam melestarikan identitas budaya Bali melalui media televisi, dikarenakan Bali TV selalu menayangkan program-program acara yang fokus terhadap muatan budaya yang bersifat informasi, menginspirasi, dan promosi kepada pemirsa sehingga Bali TV menjadi pilar utama dalam upaya mempertahankan dan melestarikan warisan budaya Bali dan mendorong integrasi islam. 2) Alasan Bali TV memilih identitas budaya Bali, pertama sebagai program utama adalah upaya pelestarian, karena Bali TV dapat mempertahankan keunikan dan keaslian program-program dengan menayangkan budaya Bali kepada pemirsa. Kedua, sebagai pengembangan karena Bali TV percaya bahwa dengan fokus pada identitas budaya Bali, mereka dapat mempromosikan warisan budaya Bali dan mendukung pembangunan, dan pelestarian budaya lokal dan mendorong integrasi islam di Bali 3) Bali TV menghadapi tantangan dan hambatan yang kompleks seperti, persaingan dengan saluran televisi lain, perubahan preferensi pemirsa, keterbatasan anggaran dan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : Identitas Budaya Bali, Integrasi Islam, Media Pelestarian, Peran Bali TV
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Moza Safirra Safirra
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:07
Last Modified: 27 Jun 2024 07:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34502

Actions (login required)

View Item View Item